logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
GO-JEK: Journalists Ramadan Writing Competition “Rantai Kebaikan”
GO-JEK: Journalists Ramadan Writing Competition “Rantai Kebaikan”
gojek / 28 May 2018

Latar Belakang

GO-JEK sebagai perusahaan Karya Anak Bangsa dan bagian dari masyarakat, memiliki komitmen untuk terus memberikan dampak kemajuan sosial yang lebih besar bagi Indonesia. Dalam melaksanakan komitmennya, GO-JEK berdiri bersama para mitra pengemudi, pelaku UMKM, talent dan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membantu menyelesaikan beragam permasalahan sosial yang ada dan membentuk rantai kebaikan. 

GO-JEK berharap rantai kebaikan yang telah terbentuk ini dapat terus berkembang dan mampu menginspirasi masyarakat. Percaya bahwa media dalam format apapun memiliki kekuatan dalam menggugah kesadaran masyarakat dan berbagai pihak, untuk pertama kalinya sejak beroperasi, GO-JEK menyelenggarakan Journalists Writing Competition yang merupakan kompetisi menulis sebagai bentuk apresiasi GO-JEK kepada insan pers yang mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk berbuat kebaikan bagi sesama.

 

Journalists Writing Competition

Sebagai tahun pertama pelaksanaan Journalists Writing Competition dan bertepatan dengan bulan Ramadan, GO-JEK mengangkat tema “Rantai Kebaikan Mitra GO-JEK”. Lewat tema ini, GO-JEK mengajak rekan jurnalis untuk mempublikasikan karyanya dengan mengangkat kisah mengenai mitra pengemudi GO-JEK yang berbagi kebaikan dengan sesama dalam bentuk apapun. Kategori karya yang dilombakan adalah Karya Tulis Jurnalis (Cetak dan Online).

Seluruh karya yang dapat mengikuti kompetisi ini harus sudah pernah dipublikasikan di media massa pada periode 23 Mei 2018 sampai 14 Juli 2018.

 

Proses Kompetisi

Tanggal

Kegiatan

21 - 28 Mei

Pengumuman kompetisi

23 Mei - 14 Juli

Publikasi berita dan submission

16 - 18 Juli

Penjurian internal

20 Juli

Pengiriman 75 tulisan terbaik ke juri independen (penjurian utama)

23 - 27 Juli

Penjurian utama

31 Juli

Pengumuman pemenang

 

Usulan Juri

  1. Juri Internal

Ketua Juri                  : Michael Reza Say - VP Corporate Communications GO-JEK

  1. Juri Independen

Ketua Juri                  : Nila Marita

Juri Tamu                  : TBA

 

Kategori Tulisan

  1. Cerita Paling Inspiratif
    Cerita dimana kebaikan yang dilakukan mitra pengemudi mampu menjangkau skala yang luas walalupun dengan kemampuan yang terbatas.
  2. Cerita Paling Kreatif
    Cerita mengambil sudut pandang yang tidak biasa dan/atau rantai kebaikan yang dilakukan mitra sangat unik.
  3. Cerita Paling Menggungah
    Cerita dapat menggugah perasaan pembaca, sehingga pembaca tergerak untuk berbuat kebaikan kepada masyarakat sekitarnya.

 

Kriteria Peserta Jurnalis

  1. Wartawan harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Wartawan yang bekerja pada media cetak/online/kantor berita/sindikasi (jurnalis) dan dapat diikuti pula bagi wartawan lepas (termasuk diantaranya penulis tetap maupun kontributor).
  3. Peserta wartawan harus menyertakan copy kartu identitas dan kartu pers yang masih berlaku atau surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah wartawan, baik dari media tempat bekerja atau lembaga profesi wartawan tempatnya bergabung (attach di email).
  4. Panitia berhak mendiskualifikasi keikutsertaan peserta wartawan dan/atau membatalkan apabila peserta yang terpilih sebagai pemenang memberikan data yang keliru dan/atau tidak benar.

 

Kriteria Penerimaan Materi Jurnalis

            Contoh submission tulisan:

Subject: Rijal Samka - Jakarta - Kategori Cerita Paling Inspiratif/ Cerita Paling Kreatif - Rantai Kebaikan

            Body email:

            Nama Lengkap       : Rijal Samka

            Nomor Telepon       : 08123456789

            Judul Cerita            : Pak Endang Sang Pendiri Pesantren

            Link Berita              : (Bila ada)

(mohon jangan lupa untuk lampirkan: cerita di format Microsoft Word, kliping berita, KTP, kartu pers).

 

Syarat dan Ketentuan

  1. Kompetisi ini terbuka untuk seluruh wartawan kewarganegaraan Indonesia, kecuali karyawan Penyelenggara (”GO-JEK”) dan afiliasi, atau perusahaan terkait dan siapa saja yang berhubungan dengan kompetisi ini.
  2. Peserta dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan lomba yang berlaku pada saat mendaftarkan, mengirimkan dan mengumumkan karyanya untuk mengikuti lomba. Peserta dengan sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk setuju terhadap seluruh syarat dan ketentuan ini. Peserta yang telah mengirimkan karya tulis juga berhak untuk tidak berpartisipasi atau mengundurkan diri apabila peserta tidak setuju terhadap salah satu poin dari syarat dan ketentuan ini. Keputusan juri untuk semua kategori lomba adalah bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat, serta tidak dilakukan korespondensi.
  3. Kompetisi berlangsung tanpa dipungut biaya apapun dari setiap peserta, dan kepada setiap pemenang tidak akan dipungut biaya dan pajak terkait hadiah yang diberikan.
  4. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang memberikan informasi yang berbau SARA dan mendiskreditkan pihak tertentu.
  5. Peserta yang terpilih sebagai pemenang setuju untuk memberikan izin kepada GO-JEK untuk menggunakan karya tulis secara komersial, termasuk namun tidak terbatas seperti: penggunaan dan publikasi untuk kepentingan promosi dan marketing.
  6. Pemenang terpilih setuju untuk mengalihkan hak ekonomi seluruh hak cipta atas karya tulis kepada GO-JEK.
  7. Tanpa menghilangkan hak moral dari pemenang sebagai pencipta karya tulis terpilih, GO-JEK memiliki hak untuk menggandakan, mempublikasikan, menterjemahkan, memamerkan, menyebarkan, menampilkan seluruh karya pemenang di depan umum, termasuk namun tidak terbatas pada website, atau media lain yang berada di bawah manajemen panitia untuk kepentingan GO-JEK. Dalam penggunaan karya-karya pemenang tersebut, panitia memiliki hak untuk melakukan tanpa permohonan izin terlebih dahulu kepada pemenang dan tanpa menawarkan kompensasi dan membayar royalti dalam bentuk apapun. Pemenang akan diberikan hak moral berupa pencantuman nama pemenang sebagai pencipta karya tulis untuk setiap karya tulis yang digandakan, dipublikasikan, diterjemahkan, dipamerkan, disebarkan, ditampilkan (“Penggunaan”) sebagaimana yang dimaksud diatas.
  8. Panitia lomba memiliki hak atas semua keputusan atas hal-hal yang tidak tercantum dalam syarat dan ketentuan ini. Peserta diberikan hal untuk mengundurkan diri setiap saat dari kompetisi, apabila peserta tidak setuju dengan keputusan tersebut.
  9. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerusakan yang timbul selama pengiriman materi lomba melalui internet dan segala masalah yang timbul diluar kekuasaan panitia seperti masalah yang berkaitan dengan jaringan komputer, penularan virus komputer atau akses komputer yang tidak sah.
  10. Setiap peserta memilki hak dan tanggung jawab penuh terhadap seluruh karya yang diikutsertakan. Panitia tidak bertangggung jawab terhadap keluhan atau tuntutan dari pihak ketiga yang merasa dirugikan oleh karya yang dikirim oleh peserta lomba dan peserta wajib untuk mengganti rugi pihak yang dirugikan dan membebaskan panitia dari segala tuntutan.
  11. Bila di kemudian hari peserta melakukan pelanggaran atas persyaratan lomba yang disebutkan oleh panitia, panitia berhak mendiskualifikasi dan tidak akan mengikutsertakan peserta dalam penjurian. Panitia berhak menarik kembali status pemenang dan hadiah dimana pemenang dinilai panitia tidak layak, dan terjadi penipuan, plagiat, dan kecurangan.
  12. Peserta menjamin bahwa karya tulis yang dikumpulkan adalah adalah karya asli milik peserta dan tidak bertentangan dengan hukum Indonesia yang berlaku, dan peserta memiliki pihak yang sah untuk mengalihkan hak ekonomi dan memberikan izin untuk (“Penggunaan”) yang disebutkan pada no. 7 dan 8 pada syarat dan ketentuan ini.
  13. Dengan mengikuti lomba, peserta sepakat untuk tunduk pada seluruh peraturan lomba.
  14. GO-JEK akan menampilkan nama peserta di setiap karya kecuali ada permintaan sebaliknya, kecuali dalam format publikasi dimana tidak dimungkinkan untuk mencantumkan nama peserta (yang dalam hal ini adalah pencipta karya tulis).
  15. Peserta bersedia untuk dihubungi oleh penyelenggara untuk segala hal terkait pengurusan administrasi atau verifikasi yang berhubungan dengan karya peserta.

 

Hadiah

  1. Pulau Jawa
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 5 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 5 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 5 juta
  2. Pulau Sumatera
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 5 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 5 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 5 juta
  3. Pulau Kalimantan
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 5 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 5 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 5 juta
  4. Pulau Sulawesi
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 5 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 5 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 5 juta
  5. Pulau Bali dan Nusa Tenggara
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 5 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 5 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 5 juta
  6. Dari 15 pemenang tersebut akan dipilih 4 pemenang nasional di kategori:
    1. Kategori Cerita Inspiratif: 10 juta
    2. Kategori Cerita Kreatif: 10 juta
    3. Kategori Cerita Menggungah: 10 juta
    4. Cerita Favorite GO-TROOPS: 5 juta