logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
6 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan saat Libur Kuliah
6 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan saat Libur Kuliah
gojek / 01 Jul 2019

Hai GOJEKers, 

Liburan panjang bagi seorang mahasiswa berarti waktunya melakukan segudang aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa melakukan kembali hobi yang kamu tinggalkan selama masa ujian atau mencoba sesuatu yang baru, seperti menjalankan bisnis sendiri! Tak hanya dapat menjadi kesempatan belajar kemampuan baru, kamu juga bisa menambah uang jajan. Menggiurkan banget, kan? 

Nah, buat kamu anak kuliahan yang ingin mencoba berbisnis mengisi waktu liburan, tapi bingung mau memulainya dari mana, kami punya beberapa rekomendasi bisnis yang bisa kamu lakukan. 

Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Buat kamu yang sering mencicipi jajanan atau makanan sekitaran kampus dan memiliki kemampuan masak, kamu bisa mencoba bisnis kuliner. Tak terhitung banyaknya bisnis kuliner sukses yang berawal dari keisengan mahasiswa seperti Waroeng SS. Siapa tahu dengan modal pengetahuan tren makanan yang ngetop di kalangan teman-teman, kamu bisa menjadi the next kisah sukses pebisnis kuliner lainnya ala Waroeng SS!

Sepatu sneakers harga selangit kini telah digandrungi banyak orang. Tipe sepatu mahal ini ternyata membuka peluang kesempatan bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang termasuk mahasiswa sepertimu. Ambil contoh bisnis shoes cleaning

Kemampuan untuk membersihkan sepatu sanagt mudah untuk dilatih dan diakses informasinya di internet. Soal bahan pembersih, kamu juga tak perlu susah mencarinya sebab sekarang sudah banyak peracik bahan pembersih sepatu lokal berkualitas. Selain menawarkan jasa membersihkan sepatu, kamu juga bisa loh jadi reseller produk pembersih tersebut.

Siapa bilang bisnis toko online sudah ketinggalan zaman sepuluh tahun? Nggak kok. Masih banyak pasar yang bisa kamu sasar tergantung produk jualanmu. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh model bisnis ini membuatnya cocok dilakukan oleh mahasiswa. Tak perlu muluk-muluk, kamu bisa menjual barang yang sering dicari oleh banyak orang seperti makanan ringan, pakaian ibu hamil, aksesoris gadget, kerudung, atau makeup impor. Nggak punya modalnya? Kamu bisa kok jadi reseller atau dropshipper produk-produk tersebut. 

Baik sebagai penunjang kebiatan perkuliahan atau untuk bacaan di waktu senggang, buku selalu memiliki peminatnya sendiri. Apalagi di saat seperti sekarang, ketika biaya pendidikan semakin mahal dan pembelian buku bekas menjadi alternative mengurangi beban keuangan. Oleh karenanya, peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan dengan menjual buku bekas sangatlah tinggi. 

Sering membeli sesuatu karena merasa barang itu lucu tapi nggak punya kesempatan untuk memakai barang tersebut? Daripada barang-barang yang tak terpakai lagi menumpuk di sudut kamarmu, buat bisnis jualan barang bekas saja. Selain menjual barang bekas seperti baju bekas, sepatu, atau sepatu bekas milik pribadi, kamu pun dapat membuka jasa penjualan barang bekas bagi teman yang menitipkan barangnya kepadamu. 

Terakhir ide bisnis yang bisa kamu coba adalah bisnis menjual kaos. Memulai bisnis ini nggak susah kok. Dengan bermodal desain sendiri, kamu bisa menjual kaos produksimu sesuka hati. Sisanya adalah teknis. Kamu harus pergi ke tempat kovneksi, memilih tempat penyablonan yang bagus, dan mengemas barang jualanmu secara rapi. 

Sudah memutuskan mau mulai berbisnis apa di waktu liburanmu kali ini?  Kalau sudah, jangan lupa pilih jasa pengiriman barang online yang tepat. Kamu nggak mau kan bisnis kamu terhambat karena biaya jasa kirim barang yang tak ramah kantong? Makanya! Apapun bisnis yang kamu ingin jalankan, pakai aja GO-SEND! 

Layanan GO-SEND dari GOJEK adalah  jasa pengiriman barang murah yang menyediakan one day service dalam kota. Dengan memanfaatkan GO-SEND, kamu nggak perlu bingung lagi mencari layanan pengiriman untuk semua barang jualanmu. Praktis, cepat, mengirim barang tanpa harus keluar rumah dengan GO-SEND.