GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Upaya Gojek Menjaga Kesehatan Mitra Driver lewat Protokol J3K

Upaya Gojek Menjaga Kesehatan Mitra Driver lewat Protokol J3K
Gojek · 26 Oct 2020

Hai Gojekers,

Di masa pandemi ini, Gojek tak henti beradaptasi. Demi mendukungmu agar bisa menjalankan hari-hari senyaman mungkin, kami terus berupaya menjaga kesehatan ekosistem kami lewat rangkaian inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, kebersihan, dan Keamanan).

Agar upaya saling jaga sesama dalam menekan penyebaran COVID-19 berjalan optimal, kesehatan dan keselamatan mitra driver menjadi prioritas utama di Gojek. Untuk itu kami menghadirkan berbagai inisiatif seperti:


Penyediaan Posko Aman J3K Bagi Mitra Driver

Posko Aman J3K adalah wujud upaya berkelanjutan Gojek dalam memastikan kondisi kesehatan mitra driver selalu sehat dan kondisi kendaraan telah didesinfeksi. Secara bertahap, mitra driver diwajibkan untuk datang ke Posko Aman J3K yang tersebar di berbagai kota.

Dengan tetap menjaga jarak fisik (physical distancing), mitra diver akan mendapatkan tiga jenis layanan yang bisa dilakukan secara drive thru di posko ini, sebagai langkah nyata kami membantu menekan penyebaran virus corona:

  • Pengecekan suhu tubuh

Pengecekan suhu tubuh mitra driver dilakukan secara berkala, minimal satu minggu sekali dan akan dicatat dalam sistem. Pencatatan dilakukan untuk memastikan seluruh mitra driver yang bertugas, senantiasa dalam keadaan sehat.

  • Pembagian healthy kit (paket kesehatan)

Pembagian paket kesehatan ini dilakukan tiap bulan, di mana setiap mitra driver mendapatkan 1 paket yang terdiri dari masker dan hand sanitizer. Sebelumnya jutaan masker, vitamin dan hand sanitizer telah didistribusikan kepada ratusan ribu mitra driver di 90 kota di seluruh Indonesia.

  • Penyemprotan kendaraan dengan disinfektan

Setiap kali mitra driver mengunjungi Posko Aman J3K, kendaraan mereka akan disemprot dengan cairan disinfektan.

Posko Aman J3K di Indonesia beroperasi di lebih dari 200 titik yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Posko dioperasikan oleh petugas terlatih, termasuk diantaranya mitra driver yang tergabung dalam komunitas-komunitas. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan layanan sekaligus memberikan pendapatan tambahan bagi mereka.

Informasi mengenai pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraan bisa kamu cek di profil mitra driver, yang bisa kamu akses saat melakukan pemesanan layanan GoRide/GoCar, GoSend, dan GoFood.


Ceklis Protokol J3K

Selain menyediakan Posko Aman J3K, kami pun terus memastikan mitra driver mengikuti protokol kesehatan dan keamanan. Salah satu upaya adalah dengan inovasi fitur Ceklis Protokol J3K.

Setiap harinya saat mengaktifkan aplikasi, mitra driver akan mendapatkan daftar ceklis protokol yang harus mereka terapkan setiap hari, seperti pemeriksaan suhu tubuh, pencucian/desinfeksi kendaraan, rutin mencuci tangan, penjagaan jarak, dan memakai masker. Setelah menceklis seluruh daftar protokol, mitra dapat klik ‘Saya siap online’.

Fitur Ceklis Protokol J3K ini hadir agar kamu dan mitra driver terjamin keamanannya dengan menerapkan protokol kesehatan. Fitur ini bisa diakses oleh mitra GoRide dan GoCar lewat aplikasi GoPartner yang muncul setiap hari saat pertama kali mitra menekan tombol online.


Verifikasi Masker

Penggunaan masker merupakan langkah yang sangat penting untuk menekan virus corona. Untuk itu, kami pun memastikan agar mitra driver senantiasa menggunakan masker dengan benar sesuai dengan protokol kesehatan dan keamanan melalui fitur verifikasi masker.

Setelah mitra driver memastikan kesehatan dan keamanannya, mitra akan diminta untuk memverifikasi penggunaan masker di aplikasi GoPartner. Mitra driver diminta mengenakan masker dengan wajah menghadap kamera. Begitu terverifikasi, mitra dapat mengambil orderan dan melayani semua kebutuhanmu. 

Selain kepada mitra driver, upaya memastikan keamanan dan kesehatan ekosistem Gojek juga menjangkau konsumen. Gojek pun menghadirkan 'Zona NyAman J3K' di shelter dan titik jemput penumpang, yang berlokasi di area-area strategis seperti terminal bus, bandara maupun stasiun kereta api.

Kami berharap, langkah proaktif ini dapat membantu seluruh lapisan masyarakat untuk beradaptasi dengan situasi sekarang. Dengan menerapkan protokol J3K bersama-sama, #PastiAdaJalan untuk membuat hidup lebih nyAman.