logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Dorong Potensi Bisnis Kuliner Lokal, GO-FOOD Festival Hadir Tingkatkan Skala Bisnis UMKM Palembang
Dorong Potensi Bisnis Kuliner Lokal, GO-FOOD Festival Hadir Tingkatkan Skala Bisnis UMKM Palembang
gojek / 24 Feb 2024

PALEMBANG, 3 MEI 2018 – Setelah sukses menggelar rangkaian festival kuliner di Jakarta, Bogor, Bekasi, Cirebon dan Makassar, GO-FOOD sebagai layanan pesan-antar makanan dalam aplikasi GO-JEK, kembali menegaskan komitmennya mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner untuk meningkatkan skala bisnisnya melalui GO-FOOD Festival yang kini hadir di Kota Palembang.

GO-FOOD Festival Palembang akan menghadirkan 30 merchant terbaik untuk menyajikan produk kuliner mereka mulai dari 30 April 2018 hingga 28 April 2019. Gelaran GO-FOOD Festival merupakan bentuk apresiasi GO-FOOD terhadap tingginya minat pengusaha merchant untuk tumbuh besar bersama memajukan UMKM kuliner Indonesia. Melalui kemitraan yang telah terbangun selama ini, GO-FOOD yang mulai hadir pada April 2015 kini telah tumbuh menjadi salah satu penyedia layanan antar makanan terbesar di dunia di luar Cina dan bekerja sama dengan lebih dari 125 ribu merchant di 50 kota di Indonesia.

“Dengan mengadopsi kesuksesan sebelumnya, kami ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku UMKM kuliner untuk bergabung dalam festival ini yang tidak hanya di kota-kota besar namun merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia. Saat ini, sudah lebih dari 80 persen merchant partner GO-FOOD merupakan pengusaha kuliner yang masuk kategori pengusaha kecil dan menengah yang memiliki potensi untuk tumbuh menjadi lebih besar lagi. Namun, pendanaan serta networking menjadi tantangan yang harus mereka hadapi. Oleh karena itu, GO-FOOD serta GO-FOOD Festival hadir untuk menjembatani tantangan tersebut dan memberikan akses yang selebar-lebarnya kepada mereka untuk berinovasi kuliner tanpa modal besar, ujar Michael Say selaku VP Corporate Communications GO-JEK dalam konferensi pers GO-FOOD Festival yang digelar hari ini.

Pada kesempatan yang sama, Susan Suhargo, Regional Marketing Manager GO-JEK Medan menambahkan, “banyak mitra merchant kami yang memulai bisnis kuliner hanya dari dapur dengan peralatan seadanya dan kini usaha mereka berkembang lebih besar dengan hadirnya infrastruktur dari GO-FOOD”. Dia juga menambahkan bahwa rata-rata transaksi merchant meningkat 2.5 kali sejak bergabung dengan GO-FOOD1.

Sementara itu, pada tahun 2018 ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 2.5 juta wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. “Menurut data yang dilansir oleh Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah, Kota Palembang mencatat pertumbuhan UMKM yang terus meningkat dengan rata-rata 4.8 persen setiap tahunnya. Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 36 ribu UMKM yang ada di Palembang. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat Kota Palembang merupakan tuan rumah Acara Asian Games yang akan digelar pada Agustus 2018 mendatang, dan industri kuliner merupakan salah satu potensi yang dapat digali dari Palembang. Kami berharap GO-FOOD melalui GO-FOOD Festival ini mampu meningkatkan penjualan UMKM kuliner Palembang dari setiap kunjungan wisatawan ke Palembang ini,” ujar Susan.

Acara GO-FOOD Festival Palembang yang berlangsung selama satu tahun di Palembang Indah Mall ini menghadirkan berbagai atraksi dan pertunjukkan menarik di setiap akhir pekan. Tidak hanya di Palembang, GO-FOOD Festival juga akan digelar di kota-kota lainnya di Indonesia. Untuk mendapatkan kesempatan membuka gerai di GO-FOOD Festival, mitra GO-FOOD dipersyaratkan untuk terlebih dahulu terdaftar di GO-FOOD dan memiliki performa yang baik.

Hari Kuliner Nasional GO-FOOD - Pesta Kuliner Raksasa Pertama di Indonesia

Guna membantu UMKM supaya lebih berkembang, GO-JEK juga akan menyelenggarakan Hari Kuliner Nasional GO-FOOD, pada tanggal 5 hingga 13 Mei 2018. Berbagai promo dapat dinikmati masyarakat Palembang. Kegiatan kuliner raksasa terbesar di Indonesia yang pertama kali dilakukan oleh GO-JEK tersebut akan diselenggarakan serentak di 11 kota di Indonesia, termasuk Palembang dan diikuti oleh lebih dari 7.000 merchant outlet GO-FOOD dan rekan usaha GO-PAY, termasuk Rooster Oregano, salah satu merchant GO-FOOD Palembang yang akan membuka gerai di GO-FOOD Festival Flagship.

“Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh UMKM adalah terkait promosi usahanya. Melalui penyelenggaraan Hari Kuliner Nasional GO-FOOD, kami berharap usaha kuliner Palembang bisa semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi, bila melihat data nasional, lebih dari 2.000 pengguna GO-JEK tinggal dalam radius 500 meter dari sebuah usaha kuliner yang menjadi mitra GO-JEK. Ini artinya, ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner,” tambah Michael.Promo kuliner yang ditawarkan di Hari Kuliner Nasional GO-FOOD terdiri dari promo di layanan GO-FOOD (online), promo di rekan usaha GO-PAY (offline) serta promo di berbagai lokasi GO-FOOD Festival. Promo mulai dari cashback, lucky voucher 55 di GO-FOOD Festival hingga potongan maksimal Rp 20,000 di ribuan merchant pilihan. Pengguna juga dapat menikmati berbagai penawaran spesial dari berbagai merchant favorit. Melalui Hari Kuliner Nasional GO-FOOD, GO-JEK ingin menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung dan mengapresiasi UMKM kuliner Indonesia agar bisa bertumbuh dan meningkatkan skala bisnisnya.

Dengan digelarnya Hari Kuliner Nasional GO-FOOD serentak di 11 kota, diharapkan akan semakin banyak pengusaha kuliner yang bergabung dengan GO-FOOD sehingga GO-JEK dapat terus mendukung perkembangan pelaku kuliner melalui ekosistem UMKM melalui teknologi.


1Data internal GO-JEK, Berdasarkan rata-rata pertumbuhan median (median growth) dari masing-masing merchant UMKM di GO-FOOD dari pertama bergabung hingga Januari 2018.