logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Gojek Siap Manfaatkan Teknologi untuk Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia
Gojek Siap Manfaatkan Teknologi untuk Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia
gojek / 24 Feb 2024

Gojek, karya anak bangsa yang lahir untuk menjadi solusi dari permasalahan kehidupan sehari-hari, kembali menegaskan komitmennya kepada tanah air melalui dukungan terhadap gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia. 

Diresmikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bergotong royong mendorong perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19, dengan cara menghubungkan jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia ke platform online.

Gojek sebagai super-app kebanggaan bangsa dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia (App Annie, 2020) bergabung di gerakan ini untuk mendukung ratusan ribu UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, agar mereka bisa bertahan di masa darurat pandemi ini. 

Simak dukungan Gojek untuk gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia berikut:

Mengerahkan ekosistem dan teknologi Gojek untuk mendukung UMKM

Komitmen layanan GoFood untuk mendukung bisnis ratusan ribu UMKM kuliner selama pandemi

Sebanyak 48% dari seluruh UMKM di Indonesia bergerak di bidang kuliner (data Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia). Di GoFood, 96% dari lebih dari 400.000 mitra merchant adalah UMKM, seperti warteg dan warung, bisnis rumahan dan catering, hingga bisnis franchise.

Sejak awal pandemi, GoFood telah melakukan berbagai inisiatif untuk membantu mitra UMKM kuliner kami menghadapi masa sulit ini dengan:

Keseluruhan dukungan Gojek dan GoFood membuahkan hasil yang positif di mana transaksi dan omzet rata-rata mitra UMKM GoFood meningkat sebesar 10% di awal bulan Mei ini, dibandingkan dengan akhir bulan April. Bahkan, UMKM yang menjual snack atau camilan transaksinya meningkat 30% disebabkan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Sebelumnya, Gojek bersama platform retensi konsumen TADA dan penyedia aplikasi sistem kasir digital Moka juga telah menggagas gerakan #supportlocalbrandsID untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa di masa penuh tantangan ini. Merek lokal tersebut meliputi beragam produk makanan dan minuman, produk fesyen, layanan kecantikan, kesehatan pribadi, gaya hidup, dan hotel.