logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Alasan Salah Satu Pemilik dan Pendiri GOJEK Nadiem Makarim Bersanding dengan Taylor Swift dan BTS
Alasan Salah Satu Pemilik dan Pendiri GOJEK Nadiem Makarim Bersanding dengan Taylor Swift dan BTS
gojek / 24 Feb 2024

Hai GOJEKers,

Apa sih persamaan salah satu pendiri GO-JEK Nadiem Makarim dengan Taylor Swift dan BTS? Jawabannya sederhana: ketiganya berhasil menggebrak pasar, membentuk ide serta aturan baru yang mempengaruhi orang banyak, dan masuk dalam Bloomberg 50 Most Influential atau Daftar 50 Orang Paling Berpengaruh Sedunia menurut versi majalah Bloomberg.

Bloomberg adalah sebuah kanal informasi penyedia teknologi dan analisis finansial yang telah berdiri semenjak 1981. Perusahaan ini menyediakan beragam produk, mulai dari produk finansial, enterprise, industri hingga layanan media di bawah nama Bloomberg News yang populer dikenal sebagai sebuah sarana penyedia informasi finansial internasional.

Setiap tahunnya semenjak tahun 2011, Bloomberg mengeluarkan 50 Most Influential Bloomberg Markets ranking yang berisi daftar individu dengan kemampuan menggerakkan pasar atau membentuk ide dari lima bidang, mulai dari dunia bisnis, hiburan, keuangan, politik, serta teknologi dan ilmu pengetahuan. Di tahun 2018 ini, salah satu pemilik GOJEK yang juga menjabat sebagai CEO GOJEK, Nadiem Makarim berhasil masuk ke dalam daftar tersebut bersamaan dengan Daniel Ek, CEO Spotify Ltd. untuk bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, Taylor Swift dan BTS dari bidang industri hiburan, serta masih banyak tokoh-tokoh berpengaruh lainnya.

Yoolim Lee, seorang jurnalis Bloomberg menyebutkan tidak ada aplikasi yang telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia secepat GOJEK. Nadiem Makarim telah memperluas fokus bisnis dari tadinya merupakan penyedia layanan transportasi di tahun 2015 menjadi pengantar makanan, tenaga pembersih rumah, hingga pembayaran tagihan berbasis teknologi. Tak hanya berhenti sampai di Indonesia, GOJEK pun memperluas bidikannya ke negara-negara tetangga seperti Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Ini menjadikan GOJEK perusahaan yang mampu membawa persaingan ke ranah bisnis transportasi berbasis teknologi di Asia Tenggara.

Menurut laporan dari Google dan Temasek Holdings Pte., sebuah perusahaan investasi Pemerintahan Singapura, bisnis transportasi berbasis teknologi di Asia Tenggara diperkirakan akan meningkat sampai 4 kali lipat dari $7,7 miliar di tahun 2018 menjadi $28 miliar di 2025. Dengan nilai bisnis se-fantastis itu, maka tak heran Google, China’s Tencent Holdings Ltd., JD.com Inc., dan investor besar lainnya ikut mengambil bagian lewat peran mereka sebagai investor untuk GOJEK.

Kesempatan yang begitu menjanjikan mendorong Google, Tencent Holding Ltd., JD.com, dan berbagai investor besar lainnya untuk berinvestasi di perusahaan Nadiem Makarim yang valuasinya diperkirakan mencapai 5 miliar dolar. Nggak heran Nadiem Makarim berhasil menjadi salah satu nama yang tertera di Bloomberg 50 Most Influential atau daftar 50 Orang Paling Berpengaruh versi majalah Bloomberg.

Pencapaian salah satu pendiri GO-JEK Nadiem Makarim di tahun 2018 bersama GOJEK ini telah menjadi inspirasi serta tanda bahwa lagi-lagi #AnakBangsaBisa berprestasi dan memberi dampak positif, baik di dalam negeri dan juga di mata dunia internasional.