logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
SCB Berinvestasi di GOJEK dan Bentuk Kerja Sama Strategis dengan GET di Thailand
SCB Berinvestasi di GOJEK dan Bentuk Kerja Sama Strategis dengan GET di Thailand
gojek / 11 Jul 2019

Bangkok - 11 Juli 2019 - GOJEK, platform mobile on-demand dan pembayaran digital terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan investasi dari bank terkemuka di Thailand, SCB. Investasi yang merupakan bagian dari Putaran Pendanaan Seri F GOJEK ini menandakan kerja sama SCB dengan afiliasi GOJEK di Thailand, GET, untuk mengembangkan sistem pembayaran digital yang andal dan terpercaya, serta menciptakan ekosistem yang lebih dinamis bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra merchant, dan mitra bisnis GET di Thailand.

Kerja sama ini akan memudahkan mitra pengemudi GET untuk membuka rekening SCB di Pusat Pelatihan Mitra Pengemudi GET, serta memberikan mereka akses ke beragam layanan keuangan, seperti pinjaman dana dan asuransi. SCB dan GET akan bekerja sama untuk meningkatkan pemahaman atau literasi keuangan di antara para mitra pengemudi, membantu mereka membuat rencana menabung, dan membekali mereka dengan pengetahuan terkait produk-produk keuangan dasar.  Kerja sama ini juga akan diikuti dengan pengembangan solusi baik untuk merchant GET maupun nasabah merchant SCB agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya pada platform digital.

Kerja sama ini akan menguntungkan para pengguna GET karena kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan top up kredit GET PAY, suatu layanan dompet digital (e-wallet) persembahan GET yang telah diluncurkan dalam versi beta di Thailand melalui aplikasi perbankan digital SCB. Para nasabah SCB juga akan mendapat berbagai manfaat dari kerja sama dengan GET ini, antara lain melalui berbagai promosi dan potongan harga pada layanan pesan-antar makanan dan layanan transportasi.

Kerja sama ini sejalan dengan strategi GOJEK yang mengedepankan fokus terhadap kondisi dan situasi tiap negara (locally-focused), suatu strategi yang mendasari kesuksesan GOJEK di Indonesia. Keberhasilan GET mendobrak pasar Thailand tidak luput dari kemampuan memahami karakter lokal dan mendengarkan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Head of International GOJEK Andrew Lee mengatakan, “GOJEK dan SCB memiliki pandangan yang sama tentang pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup konsumen, mitra pengemudi, serta mitra merchant. Ini yang membuat kami begitu antusias menyambut kehadiran SCB sebagai investor. Visi dan model ekosistem GOJEK telah terbukti berhasil meningkatkan efisiensi bagi konsumen dan peluang pendapatan bagi mitra pengemudi dan service provider di berbagai sektor industri di kawasan. Kerja sama dengan SCB ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap strategi bisnis kami di berbagai negara seiring dengan upaya kami untuk terus mengembangkan model bisnis serta kegiatan operasional di Thailand dan berbagai wilayah lainnya.

Diresmikan di Bangkok pada Februari 2019, GET yang dipimpin oleh tim manajemen lokal Thailand, dalam waktu singkat berhasil menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk layanan pesan-antar makanan dan transportasi di Thailand. CEO GET Pinya Nittayakasetwat mengatakan, “GET sedang berkembang dengan pesat, namun ini hanyalah sebuah awal karena penetrasi layanan transportasi dan pesan-antar makanan masih rendah apabila dibandingkan dengan peluang yang ada di pasar. Kami menyambut baik kerja sama dengan SCB karena akan membantu GET untuk memperluas jangkauan dan memberikan lebih banyak lagi kemudahan bagi para pengguna kami. Melalui penggabungan teknologi dan pemahaman mendalam tentang konsumen (consumer insight) yang dimiliki oleh GET dengan keahlian serta pengalaman SCB dalam industri layanan keuangan, kami percaya kerja sama ini akan memberikan manfaat luas bagi jutaan masyarakat di Thailand.”

Investasi ini sejalan dengan strategi SCB untuk menangkap dan memanfaatkan peluang yang semakin besar seiring dengan pertumbuhan perekonomian digital di Thailand. President of SCB Dr. Arak Sutivong mengatakan, “Strategi SCB berfokus pada pengembangan keunggulan kompetitif hingga dapat tumbuh melampaui batas normal. Kami melihat strategi tersebut dapat dicapai melalui Pinjaman Dana Digital pada sektor ritel, UMKM dan wealth management, serta melalui transformasi model bisnis. Investasi kami pada GOJEK merupakan salah satu contoh keputusan strategis tersebut. GOJEK merupakan start up kelas dunia dengan potensi luar biasa, dan telah berkembang pesat di kawasan ini hanya dalam waktu beberapa tahun. Kepiawaian GOJEK dalam pengembangan teknologi tidak tertandingi, dan kini telah menjadi platform multi-layanan yang menjawab berbagai kebutuhan konsumennya. Investasi ini menegaskan strategi pertumbuhan kami untuk mencapai tujuan utama kami, yaitu menjadi ‘The Most Admired Bank’ di Thailand.

President of SCB Apiphan Charoenanusorn mengatakan “Selain berinvestasi di GOJEK, SCB juga membentuk kerja sama dengan GET untuk menciptakan suatu ‘Ekosistem Gaya Hidup Digital’ di Thailand yang akan memberikan manfaat untuk para mitra pengemudi GET, pengguna, dan mitra merchant. Kerja sama ini akan mendorong inklusi keuangan bagi mitra pengemudi melalui beragam solusi keuangan yang khusus dirancang agar dapat menjawab kebutuhan mereka, misalnya Pinjaman Digital atau pinjaman individu, asuransi jiwa-kecelakaan-kesehatan, serta program literasi keuangan. Sementara itu, ‘Pengalaman Mudah dalam Pembayaran (Seamless Payment Experience)’ akan menjadi bagian dari fase berikutnya dari kolaborasi  kami. Selain itu, SCB akan menghubungkan GET dengan nasabah dan aliansi kami seperti pebisnis ritel, pelaku bisnis dan universitas untuk mencapai ‘Gaya Hidup Digital’. Kami percaya kerja sama ini akan benar-benar membantu meningkatkan kenyamanan dan membantu pemenuhan kebutuhan finansial para nasabah kami.”