GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

7 Tips Merawat Rambut Keriting Biar Tetap Cantik dan Sehat

7 Tips Merawat Rambut Keriting Biar Tetap Cantik dan Sehat
GoGlam · 18 Sep 2019

Merawat rambut keriting bukanlah hal yang mudah. Banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk meluruskannya atau memotongnya. Padahal jika dirawat dengan baik, rambut keriting juga bisa membuat penampilanmu menjadi cantik dan berbeda dengan yang lainnya. Yuk, cek di sini tips merawat rambut keriting agar tampil cantik!

Pilih Sampo yang Tepat

Sampo bisa menjadi musuh utama bagi pemilik rambut keriting. Tips merawat rambut keriting pertama adalah pilih sampo non-sulfate yang mana memiliki kandungan deterjen yang rendah. Sampo dengan deterjen yang tinggi akan menghasilkan busa yang banyak dan akhirnya membuat rambut menjadi kering. Untuk itu kamu perlu pilih sampo dengan deterjen rendah agar rambut tidak menjadi kering.

Gunakan Kondisioner

Tips merawat rambut keriting sebenarnya adalah memastikan rambut tetap lembap agar mudah diatur. Untuk itu kamu perlu menggunakan kondisioner secara rutin agar rambut tetap terjaga kelembapan dan kehalusannya. Kamu juga perlu memilih kondisioner dengan hati-hati, pilih kondisioner yang mengandung kelapa dan tidak mengandung silikon. Soalnya, silikon dapat merusak rambut jiga digunakan secara terus-menerus.

Keringkan dengan Cara Alami

Tips merawat rambut keriting yang nggak kalah penting lainnya adalah mengeringkan rambut dengan alami. Jangan diusap-usap jika kamu menggunakan handuk, karena malah akan membuat rambut menjadi rontok. Pilih lah handuk berbahan kaos dan cukup ditepuk-tepuk ke rambut. Hindari juga menggunakan hair dryer karena dapat membuat rambut menjadi kering dan mengembang.

Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Untuk kamu yang memiliki rambut keriting maka pilih sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut tersangkut pada sisir. Soalnya, jika kamu menggunakan sisir bergigi rapat akan membuat rambutmu menjadi rusak, mengembang, dan makin kusut. Namun, untuk rambut keriting sebaiknya jangan terlalu sering disisir karena dapat merusak ikal alaminya. Kamu juga bisa menggunakan jari untuk menyisir rambutmu.

Pilih Karet Rambut yang Tebal

Rambut keriting rentan mengalami patah. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk nggak terlalu sering menguncir rambut. Kalau kamu ingin menguncir rambut, gunakan karet rambut berbahan kain atau karet elastis serta tebal, dan pastikan nggak terdapat logam agar rambut nggak mudah patah.

Hindari Penggunaan Produk Mengandung Alkohol

Tips merawat rambut keriting yang nggak kalah pentingnya adalah hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol. Alkohol bersifat menyerap air, sehingga rambutmu akan menjadi kering dan kusut. Kamu perlu teliti mencari produk perawatan rambut yang cocok untuk rambut keriting.

Gunakan Masker Rambut

Tips merawat rambut keriting yang perlu dilakukan secara rutin juga adalah menggunakan masker rambut. Kamu bisa memilih masker rambut yang berkhasiat menjaga batang rambut tetap kuat. Kamu perlu melakukannya setidaknya dua minggu hingga sebulan sekali.

Ketujuh tips merawat rambut keriting di atas bisa kamu ikuti semuanya agar rambutmu tetap sehat dan cantik. Jangan lupa untuk rutin perawatan atau nyalon agar rambutmu makin terawat. Nggak punya waktu buat ke salon? Pesan GoGlamaja, layanan kecantikan online yang bisa kamu pesan lewat aplikasi GoLife!

Kamu bisa creambath, blowout, hingga mani-pedi di rumah ataupun di kantor bareng GoGlam. Mau coba dan pesan layanan GoGlam? Klik aja tombol di bawah inI!