GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh & Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh & Mudah Dilakukan
GoGlam · 30 Aug 2019

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang bisa terjadi pada siapapun. Penyebab ketombe pun berbagai macam, ada yang dikarenakan kulit kepala terlalu kering, infeksi jamur, hingga penyakit kulit. Ketombe dapat sangat mengganggu aktivitasmu karena rasa gatal dan perihnya. Untuk itu, kamu bisa mengikuti cara menghilangkan ketombe berikut ini agar rambutmu bebas dari ketombe.

Gunakan Jeruk Nipis

Nggak hanya bermanfaat untuk kesehatan di dalam tubuhmu, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe loh. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah mengoleskan air perasan jeruk nipis ke rambut dan didiamkan sebentar. Setelahnya cuci rambut seperti biasa. Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, terutama vitamin C yang akan mendorong pertumbuhan akar rambut.

GunakanTea Tree Oil

Pasti kamu sudah mengetahui tea tree oil karena sering menjadi bahan di dalam skincare. Selain skincare, tea tree oiljuga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah dengan memijat kepala menggunakan tea tree oil hingga menyerap. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya campurkan tea tree oildengan minyak kelapa terlebih dahulu agar tidak terjadi iritasi.

Gunakan Minyak Kelapa

Usapkan minyak kelapa ke rambut hingga ke akarnya. Lalu pijat-pijat selama lima menit dan biarkan selama tidur, lalu keramas setelah bangun tidur. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa ini cukup ampuh jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Gunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gunakan daging lidah buaya dengan cara mengoleskan gelnya di kulit kepala. Selain dapat mengatasi ketombe, lidah buaya juga dapat mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, hingga membuat rambut berkilau.

Gunakan Cuka Apel

Cuka apel dapat menghilangkan sel kulit mati dan menjaga pH kulit kepala, sehingga dapat mengatasi masalah ketombe di rambutmu. Untuk menggunakan cuka apel dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dicampur dengan sampo atau dengan essential oil, lalu semprotkan ke rambut.

Gunakan Aspirin

Aspirin memang obat sakit kepala, tapi sebenarnya dapat digunakan juga sebagai cara menghilangkan ketombe. Aspirin mengandung salicylic acid yang dapat menghilangkan ketombe. Kamu hanya perlu menghancurkan dua tablet aspirin dan campurkan ke sampo yang kamu gunakan untuk keramas. Cukup mudah, kan?

Gunakan Baking Soda

Kamu dapat menaburkan baking soda secukupnya di rambut yang sudah dibasahi. Lalu pijat dan biarkan selama dua menit, kemudian keramas seperti biasa. Baking soda memiliki fungsi anti jamur yang dapat menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur.

Tujuh cara menghilangkan ketombe di atas bisa kamu pilih sesukamu, tapi yang terpenting adalah dilakukan dengan rutin hingga ketombenya benar-benar menghilang. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan rambut seperti creambath yang dapat menyehatkan rambutmu. Nggak punya waktu buat creambath di salon? Langsung aja pesan GoGlam, layanan nyalon online yang siap dipanggil ke rumah, kantor, atau di manapun yang kamu inginkan! Yuk, cek dan pesan layanan GoGlamlewat tombol di bawah ini.