logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Usir Rasa Pedas Dengan Langkah Berikut
Usir Rasa Pedas Dengan Langkah Berikut
gofood / 24 Feb 2024

Menikmati makanan pedas menjadi hal menyenangkan untuk sebagian orang. Namun rasa pedas kadang membuat mulut dan perut terasa panas jika dimakan dalam jumlah banyak.

Zat Capsaicin merupakan penyebab rasa pedas yang muncul pada cabai. Capsaicin menciptakan isyarat yang sama bagi otak seperti saat kulit terkena panas.

Untuk mengatasi rasa pedas berlebihan pada mulut ada beberapa langkah yang bisa GoFoodie ikuti.

Jangan Minum Air

Dilansir dalam Detik Food, saat rasa pedas menyerang refleks pertama yang dilakukan biasanya langsung minum air sebanyak-banyaknya.  Namun hal ini sebenarnya tidak berpengaruh karena air tidak bisa meredakan rasa pedas di mulut. Ini dikarenakan capsaicin merupakan zat yang berupa minyak alami penyebab munculnya rasa pedas.

Dengan demikian air tidak akan membantu mengurangi efek dari capcaisin pada lidah. Justru dengan minum air rasa pedas akan menyebar ke dalam mulut.

Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju ternyata ampuh meredakan rasa pedas pada mulut. Kandungan protein yang disebut kasein pada susu membantu memecah capsaicin dan menetralkan sensasi panas pada mulut.

Gula dan Madu

Gula dan madu dapat membantu menyerap capsaicin yang berbasis minyak sehingga rasa pedas akan hilang. Caranya mudah, taburkan gula atau madu setengah sendok teh pada mulut lalu hisap selama 30 detik. Dengan ini gula akan menyerap rasa pedas di mulut.

Tomat dan Lemon

Rasa asam yang berasal dari tomat dan lemon mampu menetralkan makanan yang bersifat alkali. Jeruk, nanas dan jus lemon pun memiliki khasiat yang sama. Kunyah beberapa tomat yang telah dipotong dengan perasan lemon cara ini bisa memberikan sensasi dingin pada mulut.

Nasi dan Roti

Kunyahlah satu kepalan kecil nasi atau roti, kandungan pati yang ada di dalamnya sebagai penghilang alami antara capsaicin yang pedas. Masih tergolong dalam pati, kentang pun bisa meredakan pedas caranya kunyahlah sepotong kentang rebus.