logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Union: yummy sweety the red velvet!
Union: yummy sweety the red velvet!
gofood / 24 Feb 2024

Mendengar kata Union, pasti selalu terbayang dengan Red Velvet Cake-nya yang fenomenal. Walaupun mengusung konsep brasserie, bakery, and bar, namun nama Union naik daun karena bakery-nya. Dan review kali ini hanya akan membahas menu-menu bakery dari Union.

Setiap ada anggota keluarga, teman, ataupun relasi bisnis yang ulang tahun pasti selalu teringat dengan Union yang merupakan pilihan favorit untuk membeli pastry. Porsi kuenya sangat besar per slice-nya. Apabila beli di tempat lain harus full-cake, di Union cukup dengan tiga slice sudah cukup untuk sekeluarga. Mulai dari red velvet yang sempat meledak seantero Jakarta, Nastar Crumble yang segar, sampai dengan jenis kue-kue klasik seperti cheese cake atau black forrest, tidak ada satupun yang mengecewakan.

Awal mula terkenalnya red velvet di Jakarta, terutama buatan Union, cukup membingungkan dan membuat penasaran. Tidak terbayang di pikiran sebelumnya bahwa kombinasi dari 4 lapis cream cheese di antara tumpukan bolu berwarna merah dan ditaburi tumbukan kacang dapat menghasilkan perpaduan rasa yang gurih dan tidak terlalu manis. Cocok untuk mereka yang tidak suka manis. Rasa cream cheese sangat mendominasi tanpa membuat enek. Selain bentuknya yang menarik, teksturnya juga sangan lembut, cocok berpadu dengan tumbukan kacang yang crunchy.

Selain itu, Union juga merupakan salah satu bakery di Jakarta yang merekreasi croissant-donut. Mereka menyebutnya dengan nama Flaky Doughnut. Dengan Boston Cream Flaky Doughnut sebagai andalannya. Dilapisi coklat di atasnya dan custard di dalamnya. Ditambah dengan aroma croissant yang buttery, menjadikan hidangan ini salah satu best seller di Union.

Jenis cake yang jarang terdengar namun menurut saya cukup spesial adalah Crunchy Chocolate Tart. Berbentuk seperti pie dengan crust berwarna coklat, sensasi ketika pertama kali memotong tart ini cukup mengejutkan. Karena setelah melewati ganache coklat yang pekat, saya berekspektasi untuk memotong pie base yang biasanya bertekstur agak keras. Namun sendoknya malah menyentuh sesuatu yang renyah dan ringan. Ternyata pie base-nya sangat tipis dan diatasnya diberi lapisan feuillettine dan coklat hazelnut yang memberikan tekstur renyah. Feuillettine adalah serpihan dari crepes tipis dan manis. Perpaduan yang tidak terduga ini yang memberi kesan pada hidangan ini.

Terbukti tidak hanya sebuah sensasi sesaat belaka, setiap kali ada kebutuhan mendadak untuk cake dan pastry, Union menjadi salah satu solusi utama bagi mereka yang tinggal di Jakarta.