logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Trik Memotret Makanan Melalui Smartphone
Trik Memotret Makanan Melalui Smartphone
gofood / 05 May 2017

Hobi menggunggah foto makanan menjadi tren di jejaring sosial. Banyak foto makanan menarik dan menggugah selera yang  bukan berasal dari tangan seorang photographer profesional

Kegiatan memotret  seperti menjadi hal ‘wajib’ ketika makanan tersaji di meja. Maka jangan heran tren memotret sekarang adalah ritual yang dilakukan sebelum makanan tersebut disantap.

Tak harus menggunakan kamera mahal dengan memaksimalkan kamera smartphone pun gambar menarik bisa dihasilkan. Agar menghasilkan foto makanan yang menggugah selera. Mendapatkan hasil gambar yang bagus dengan menggunakan smartphone ada teknik dan trik tersendiri. Seperti apa saja? :

Tata Makanan

Tampilan makanan adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto. Perhatikan komposisi makanan, sesuaikan ukuran piring dengan makanan yang disajikan. Hindari makanan yang menumpuk atau melampaui ukuran piring sehingga terlihat penuh.

Tata makanan secukupnya sehingga menghasilkan tampilan yang menarik baik dari sisi atas atau depan. Ini akan mempengaruhi hasil foto yang didapatkan.

Cahaya Yang Memadai

Memotret makanan membutuhkan cahaya yang memadai baik sumber yang berasal dari lampu ataupun cahaya alami. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus GoFoodie bisa mencoba memotret di dekat jendela mendekati sumber pencahayaan alami.

Angle Foto Yang Tepat

Angle menentukan hasil foto yang menarik. Cobalah dari berbagai angle untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bereksplorasi dari berbagai sudut akan membantu menemukan berbagai gambar dengan tampilan berbeda. Dengan begini GoFoodie bisa menemukan sudut mana yang menghasilkan foto dengan tampilan lezat dan menarik.

Makanan Berwarna Lebih Menarik

Makanan dengan banyak warna terlihat lebih menarik dan menggugah selera.  Jika makanan tersebut polos bisa disiasati dengan menambahkan sayuran berwarna sebagai garnis agar menghasilkan gambar yang lebih hidup. Tambahkan peralatan makan seperti sendok, garpu ataupun serbet berwarna agar objek terlihat menarik.

Gunakan Edit Aplikasi Foto

Untuk memaksimalkan hasil foto yang sudah dipotret tak ada salahnya menggunakan aplikasi editing foto yang tersedia. Dengan menambahkan brightness, mempertajam kontras atau dengan memberikan efek blur tentunya akan menjadikan hasil foto semakin bagus.