logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Swing Your Day, Berawal Karena Bosan Jadi Karyawan
Swing Your Day, Berawal Karena Bosan Jadi Karyawan
gofood / 24 Feb 2024

Bosan menjadi karyawan, itu alasan Brian merubah haluan hidupnya. Beralih profesi dari seorang pekerja kantoran menjadi seorang pengusaha kuliner.

Selama hampir 2 tahun Brian menjadi pekerja kantoran namun hati kecilnya lebih memilih untuk berbisnis. Menurutnya dengan mengambil jalan berbisnis ia bisa mendapatkan kepuasan batin dan fleksibilitas waktu.

Diantara banyaknya bidang usaha yang ada, Brian bersama seorang temannya memilih bisnis makanan. Alasannya cukup klise, Brian kecil suka makan dan gemar melakukan eksperimen resep masakan sehingga dari kebiasan tersebut membuatnya yakin dan berani memulai bisnis bersama temannya.

Selain itu alasan lainnya karena makanan adalah kebutuhan semua orang dan menurutnya bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang selalu ada sepanjang waktu.

Plesetan dari Wings

Swing Your Day atau sering disingkat menjadi SYD (esyede). Ada dua alasan mengapa Brian memilih nama tersebut. Pertama, Swing adalah plesetan dari Wings. Kedua, dengan  memakan ayam dari esyede, Brian berharap para konsumen bisa “Swing-ing mood into the better one”. Yang moodnya bagus jadi makin bagus, yang moodnya kurang enak jadi enak.

 “Yang ketiga, makanan kita adalah makanan yang bisa dimakan setiap hari. Kalau cake atau durian atau pizza atau burger kan bukan makanan sehari-hari, seminggu sekali juga belum tentu. Nah kalau ayam goreng kan bisa dimakan kapan saja, jadi terciptalah Swing your Day!” Jelas Brian

Chicken Wings Citarasa Lokal

Swing Your Day, kedai makanan yang bergerak di jenis kuliner ayam goreng khususnya chicken wings dengan berbagai saus yang bisa dipilih. Menu esyede bisa disantap untuk snack ataupun makanan berat.

Chicken wings selalu identik dengan brand franchise luar negeri, melihat peluang ini Brian  memutuskan untuk menjalankan usaha ini dengan konsep menjual chicken wings buatan dalam negeri.

Atas dasar itu, Brian membuat masakan chicken wings dengan kualitas internasional dengan citarasa lokal.

Esyede menawarkan crispy chicken wings dan crispy chicken pops/bites. Saus yang bisa dpilih ada 4 varian; Toriniri yaitu saus teriyaki manis gurih, Chill on Fire yaitu sambal matah khas Bali, Fly by Cheese yaitu parmesan cheese powder yang asin gurih, dan Honeymoon yaitu saus honey lemon yang asam, manis dan creamy.

Berkutat Di Dapur

Setelah melepaskan predikat pekerjaan kantoran, Brian merasakan perbedaannya saat ini “I’m the boss for myself. Udah nggak pernah ada lagi guilty feeling setiap bangun tidur. Meskipun masih start up, early stage, tapi udah ada perasaan senang karena bisa ngasih lapangan kerja untuk orang lain.” Jelasnya bangga.

Menjadi pebisnis kuliner ada banyak tantangan setiap harinya meskipun demikian Brian selalu optimis. “Kalau bisnis kan tidak stabil, kadang laku banget kadang sepi banget. Pernah dalam sehari nggak laku 1 porsi sama sekali, apalagi kondisi Pasar Santa yang sekarang sudah tidak naik daun lagi. Sekarang sehari-hari berkecimpung di dapur, panas-panasan, kecipratan minyak panas. Benar-benar beda pas kerja kantoran yang pakai pakaian rapi, wangi, ruangan AC” kenang Brian

Kekuatan Media Sosial

Brian menyadari kondisi Pasar Santa kini sedang menurun banyak kios yang tutup dan tinggal beberapa yang saat ini masih bertahan. Ini yang menjadi highest concern, harapan Brian kondisi Pasar Santa bisa kembali seperti masa keemasan di tahun 2013-2014. Dengan kondisi seperti ini, Brian memaksimalkan strategi marketing dengan melakukan pengiriman makanan via online delivery melalui GoFood.

Ketika beberapa waktu lalu Brian mengikuti kompetisi #GoFoodSavesTheDate dari GoFood. Event ini diperuntukan untuk merchant yang sudah bergabung di GoFood. Dan Swing Your Day terpilih sebagai makanan favorit buat disantap pass hujan. Setelah beberapa hari GoFood & GoJek melakukan promo melalui media sosial, penjualan esyede pun melejit.

“Penjualan esyede dalam seminggu bisa naik 100%-200%, ini berkat dibantu promo di socmed GoFood & GoJek. Inilah yang namanya The power of social media! Terimakasih banyak GoFood. Semoga setelah masa promosi melalui GoFood selesai, penjualan esyede tetap stabil dan terus meningkat. Amin”