GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Surganya Nasi Bungkus

Surganya Nasi Bungkus
GoFood · 30 Nov 2015

Koko Bogana adalah surga bagi Anda penyuka nasi bungkus tradisional Indonesia. Menempati sebagian kecil area dari sebuah rumah tua di Jalan Santa, tidak diduga menu yang disajikan sangat bervariasi. Hampir semua menu yang disajikan di sini adalah nasi bungkus. Mulai dari Nasi Bogana, Nasi Pecel, Nasi Langgi, dan berbagai variasi nasi yang dibungkus dengan aneka lauk. Jumlah variasi nasi bungkus yang disajikan hingga lebih dari sepuluh jenis.

Dari segi isi lauk, tidak ada yang berbeda dengan Nasi Bogana pada umumnya yang berisi nasi putih, telur pindang, tempe orek, suwir ayam opor, serundeng daging, sambal goreng ampela, dan tumis kacang panjang. Namun nasi yang disajikan sangat pulen dan lauknya terlihat dimasak dengan tidak asal-asalan dengan citarasa yang kaya bumbu.

Selain Nasi Bogana, aneka nasi bungkus lainnya juga patut dicoba karena masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seperti Nasi Pagongan contohnya. Nasi yang digunakan dimasak dengan bayam sedemikian rupa sehingga berwarna hijau. Disajikan dengan oseng ikan jambal, empal gepuk, telur pindang, kentang ebi, serundeng kelapa dan sambal terasi. Beberapa nasi bungkus juga mewakili hidangan dari daerah tertentu di Indonesia. Nasi Singaraja contohnya, nasi kuning dengan lauk sate lilit, ayam suwir merah, dan dendeng asam manis, dilengkapi dengan kering kentang dan urap. Mengingatkan kita akan gurihnya nasi campur bali. Tidak ketinggalan sambal matah yang menambah kesegaran hidangan ini.

Jangan dilupakan bahwa ada beberapa menu spesial yang hanya tersedia di hari-hari tertentu. Yaitu Nasi Bunga Kecombrang dan Nasi Gudeg di hari Senin dan Kamis, Nasi Sanglah di hari Selasa, Rabu, dan Jumat, serta Nasi Liwet di hari Rabu dan Sabtu. Tersedia juga satu-satunya makanan bukan nasi yaitu Soto Mie Cicalengka.

Selain berjualan aneka nasi bungkus, Koko Bogana juga menyajikan aneka jajanan pasar yang berderet di showcase-nya dengan varian yang tidak kalah banyaknya dengan nasi bungkus. Mulai dari aneka bubur manis seperti bubur sumsum, bubur lolos, dan bubur candil, hingga lemper, lupis, klepon, arem-arem, nagasari, dan  masih banyak lagi. Tersedia pula paket box jajan pasar dalam tiga ukuran.