GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Rumate: Bersantai di Rumah Teh

Rumate: Bersantai di Rumah Teh
GoFood · 1 Dec 2015

Bagi GoFoodie yang sering menikmati sajian kuliner di daerah Sabang mungkin mengenal restoran bercat merah bertuliskan RUMATE. Posisinya restoran ini berada dalam satu deret dengan Kopi Oey.

Di depan restoran terparkir sebuah motor untuk layanan delivery. Tertera tulisan, RUMATE kedai teh nusantara. Sesaat memasuki restoran ini terasa hangat dengan interior dihiasi berbagai poster bintang Hollywood pada masanya, Audrey Hepburn dan Marilyn Monroe. Lantai keramik bermotif batik pun ikut menghiasi area restoran ini. 

Bangku-bangku tamu hanya terisi beberapa orang saja, tidak penuh sehingga saya pun leluasa memilih posisi yang diinginkan. Saya memutuskan duduk di dekat kaca dengan pemandangan ke luar restoran. 

Sejenak melihat daftar menu yang tertera, saya memesan Nasi Bakar Cakalang dan teh poci dengan pilihan teh bandulan untuk minuman. Sedangkan teman saya memesan Dendeng Baraciak dan Teh Rosella Tajin.

Bagi penggemar teh kamu bisa menikmati berbagai jenis teh disini. Pilihan teh poci beragam terdiri dari teh-teh yang sudah begitu akrab di keseharian yaitu teh yang sering diseduh di rumah. Seperti cap bandulan, cap gopek, cap bendera, cap dandang, cap tjtatoet dan cap gemblong. Pantas saja kalau Rumate ini disebut sebagai rumah teh. 

Tak butuh waktu lama, hidangan yang dipesan pun tiba. Nasi Bakar Cakalang disajikan dalam mangkok hotplate. Terdiri dari nasi putih, dengan isian ikan cakalang suwir, sambel roa, telor setengah matang dan setangkai daun kemangi. Suapan demi suapan begitu gurih dan nikmat, rasa pedas dari sambal roa tidak begitu kuat namun tetap enak.

Beralih ke menu  Dendeng Baraciak, menu ini dihidangkan dalam piring terpisah dengan nasi. Dalam sajiannya terdiri dari daging sapi yang dipotong kecil kemudian atasnya terdapat irisan bawang merah, cabe hijau dan irisan tomat segar.

Ketiga bumbu tersebut disajikan dalam keadaan mentah sehingga rasa daging menyatu, begitu segar dan ada sedikit rasa asam dari tomat. Kriuk dari bawang merah terasa kuat dan menyengat. Bagi yang menyukainya dendeng baraciak ini memang membuat ketagihan.

Teh Rosella Tajin, namanya unik karena teh ini memang menggunakan air rebusan beras atau tajin untuk merebus bunga rosella. Teh rosella memang terkenal dengan rasa asamnya jadi meskipun direbus menggunakan air tajin rasa asam dan kecut berasa sekali.