GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Rumah Makan Seulawah: Menjelajahi kuliner Aceh

Rumah Makan Seulawah: Menjelajahi kuliner Aceh
GoFood · 4 Nov 2015

RM Seulawah merupakan salah satu restoran Aceh yang paling populer di Jakarta dengan Mie Aceh -nya, tidak banyak yang mengetahui bahwa Seulaweh juga menyajikan beragam masakan Aceh yang tidak kalah nikmatnya.

Mie aceh memang merupakan andalan dari restoran ini. Tersedia dengan tiga cara masak yang berbeda yaitu goreng, rebus, dan tumis, tetapi mie aceh tumis yang selalu menjadi pilihan banyak orang ketika memesan mie di Seulaweh. Sebenarnya tumis merupakan campuran antara goreng dan rebus. Bayangkan seperti mie goreng, tetapi dengan sedikit kuah yang kental. Sehingga ada sedikit rasasmoky darimie yang digoreng, diperkuat dengan siraman kuah.

Dengan pilihan kepiting, udang, daging, atau ayam, jelas kepiting menjadi andalan teman makan mie di RM Seulawah ini. Karena kepiting disini bukan sekedar basa basi. Ukurannya memang tidak terlalu besar, tetapi sebanding dengan jumlah mie yang disajikan. Kesegaran kepiting juga cukup di luar ekspektasi, berhubung RM Seulawah bukan merupakan restoran spesialis seafood. Karena kepiting yang segar, sehingga dagingnya terasa manis dan mengimbangi rasa kuat kari di mie-nya.

Walaupun kalah populer, tetapi menu lain yang disajkan RM Seulawah tidak kalah enaknya dan patut untuk dicoba. Jika bosan dengan mie-nya, RM Seulawah juga menyajikan nasi goreng yang rasanya mirip dengan mie acehnya dengan tambahan pilihan lauk kambing yang cocok dipadukan dengan rempah khas Aceh. Apabila sedang tidak ingin makan yang tidak terlalu berbumbu, ayam tangkap bisa menjadi pilihan. Digoreng dengan bawang putih, bawang merah, dan daun salam, ayam tangkap adalah sajian yang gurih dancrispy, Ditemani dengan ikan kayu yangsmoky,cocok dimakan dengan nasi putih hangat.

Tidak lupa dengan sambal ganja yang identik dengan hidangan Aceh, juga tersedia di RM Seulawah sebagai teman makan nasi. Disebut sambal ganja, karena segar dari belimbing wuluh berpadu dengan potongan kecil udang menjadikan sambal tersebut memiliki cita rasa unik dan dijamin membuat siapapun ketagihan