logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Rahasia Fit Selama Berpuasa
Rahasia Fit Selama Berpuasa
gofood / 24 Feb 2024

Bulan Ramadan akan segera tiba dalam hitungan hari ke depan. Apa yang sudah Go-Foodie persiapkan dalam menyambut datangnya Ramadan?

Bulan Ramadan buka semata menahan lapar dan haus namun kesiapan fisik perlu diperhatikan. Kondisi tubuh selama satu bulan harus bugar dan sehat.

Ada beberapa hal yang perlu Go-Foodie perhatikan agar bisa menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Seperti dilansir dari wolipop, asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur mempengaruhi vitalitas sepanjang hari.

  1. Sebelum memulai puasa sebaiknya mengonsultasikan kesehatan Go-Foodie. Jika ada keluhan pada lambung, tanyakan pola makan yang tepat selama berpuasa. Cermatlah untuk meminum obat jika memang dianjurkan. Hal ini untuk menghindari keluhan yang dirasakan selama berpuasa.
  2. Sahur memiliki peran penting. Makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kerja tubuh selama seharian. Pilihlah makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena terbukti bisa menahan kenyang lebih dari 6 jam.
  3. Protein, buah, sayur juga air putih yang cukup saat sahur membantu menjaga kebugaran selama puasa.
  4. Kurangi konsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga aliran oksigen berkurang. Tak heran mengapa siang hari kita sering mengantuk.
  5. Batasi aktivitas fisik agar tidak mudah lelah. Ketika udara siang semakin terik sebaiknya beristirahat sejenak di tempat teduh.
  6. Berbuka dengan yang manis secukupnya, rasa manis memang dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Namun jika dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan apalagi rasa manis berasal dari gula.
  7. Luangkan waktu untuk olahraga ringan di malam hari. Seperti berjalan kaki selama 15-20 menit.
  8. Pola tidur yang berubah selama bulan puasa menyebabkan rasa kantuk di siang hari. Karena waktu tidur yang berkurang maka usahakan untuk tidur lebih awal dari biasa. Jika tidur tidak mencukupi, luangkan 20-30 menit melakukan power nap di siang hari.