GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Ragam Sate di Indonesia yang Kaya Rasa

Ragam Sate di Indonesia yang Kaya Rasa
GoFood · 18 Aug 2016

Siapa suka sate? Sate hidangan populer di Indonesia yang juga begitu terkenal hingga ke manca negara. Sate di Indonesia banyak macamnya dan beberapa daerah mempunyai ciri khas masing-masing.

Umumnya sate setelah dibakar disajikan dengan saus yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Ada yang menggunakan saus kacang atau bumbu kecap dengan irisan bawang dan cabai rawit.  Tak hanya itu sebagai pelengkapnya ada yang menggunakan lontong, ketupat atau nasi putih. Beragamnya jenis sate di Indonesia semakin memperkaya Kuliner Nusantara. Ingin tahu jenis sate yang populer di Indonesia? Berikut rekomendasi sate di Indonesia versi GO-FOOD.

Sate Madura

Sate Madura identik dengan sate ayam dan bumbu kacang yang gurih. Perbedaan yang mendasar terdapat pada pembuatan sambal. Sate ayam yang telah dibakar disiram saus kacang serta irisan cabai serta irisan bawang merah mentah. Rasa sate Madura cenderung manis yang dihasilkan dari kecap manis dan terasa gurih. Sate Madura mudah dijumpai salah satunya yang dapat dipesan melaui GO-FOOD yaitu Sate Ayam XL dari Meat And Flour yang ada di daerah Bandung.

Sate Banjarmasin SBY

Sate Banjarmasin merupakan sate khas dari Kalimantan yang rasanya gurih. Sate ayam khas Banjarmasin ini memiliki rasa yang berbeda karena menggunakan saus special. Sate Banjarmasin ini bisa dijumpai pada restoran Khas Banjar yaitu RO Kitchen yang ada di Surabaya.

Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Namun sate Maranggi ini sekarang banyak dijajakan di daerah Jawa Barat. Cara memasak sate Maranggi berbeda seperti sate kebanyakan. Sebelum dimasak daging direndam bumbu kemudian dibakar. Penyajiannya pun tidak menggunakan saus pendamping karena sudah kaya rasa menggunakan berbagai rempah. Sate Maranggi yang bisa dipesan melalui GO-FOOD yaitu Toekang Sate Maranggi yang ada di Bandung.

Sate Padang

Sesuai dengan namanya Sate Padang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Ciri khas utama Sate Padang ini terdapat pada saus kuning yang berasal dari berbagai rempah sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Daging yang digunakan pada sate Padang terdiri dari daging sapi, jeroan maupun lidah. Sate Padang yang populer di Jakarta yaitu Sate Padang Ajo Ramon yang ada di daerah Santa, Kebayoran Baru.

Sate Lilit

Dari banyaknya sate yang ada di Indonesia ada satu sate yang unik yaitu sate lilit. Sate lilit merupakan kuliner khas Bali yang dengan mudah dapat dijumpai. Sate lilit merupakan gumpalan adonan yang umumnya terbuat dari daging ikan yang dihaluskan kemudian diberi aneka bumbu. Tusukan sate yang digunakan pun bukan menggunakan batang babmbu yang sering dipakai. Melainkan batang serai yang menambah harum aroma sate lilit pada saat dibakar.