logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Mie Jepang, Yang Mana Favoritmu?
Mie Jepang, Yang Mana Favoritmu?
gofood / 24 Feb 2024

Jepang, negara Asia Timur yang terkenal dengan teknologi dan kebudayaan yang mendunia. Selain itu tradisi dan kuliner khas Jepang pun sama terkenalnya.

Kuliner Jepang yang umum dikenal masyarakat luas selain sushi adalah mie. Jepang memiliki berbagai jenis mie yang digemari banyak orang di belahan dunia manapun. Penyajiannya beragam namun yang paling banyak disukai memang mie dengan kuah dan berbagai macam isi serta sayuran.

Lalu Mie Jepang yang mana favoritmu? 

Ramen

Mie ramen sudah terdengar akrab di telinga. Mie ini populer karena rasanya yang nikmat disajikan dengan kuah hangat. Ramen umum terdengar dan menjadi salah satu mie Jepang yang begitu terkenal. Mie ini nikmat disajikan hangat bersama kuah panas berisi sayuran dan irisan daging. Ada banyak jenis ramen berdasarkan daerah tempat asalnya. Misalnya ramen Hokkaido, ramen Aomori, ramen Kanto yang terkenal dengan Tokyo ramen.

Setiap daerah memiliki ramen dengan ciri khas sendiri, mulai dari toping yang beragam, rasa kaldu serta ukuran mie yang berbeda.

Udon

Dibandingkan dengan ramen, udon memiliki ukuran mie yang lebih tebal. Udon biasa disajikan dengan kuah kaldu ataupun kering. Penyajian udon ada yang dengan kuah panas misalnya Wakame Udon, kuah dingin misalnya Hadaka Udon,  atau yang disajikan kering tanpa menggunakan kuah seperti Yaki Udon. Sama seperti ramen, kuah udon pun bervariasi tergantung masing-masing daerah dimana udon dibuat.

Soba 

Sepintas mie soba mirip dengan ramen. Namun mie soba ini terbuat dari gandum hitam dan tepung terigu. Sehingga warna mie soba agak terlihat kusam. Penyajiannya ada yang dengan kuah panas, dingin ataupun kering. Mie soba tersedia dijual dalam keadaan kering dan basah yang sudah direbus terlebih dahulu.

Shirataki

Berbeda dengan mie lainnya, shirataki ini bentuknya menyerupai bihun berwarna putih. Shirataki terbuat dari konnyaku yaitu semacam umbi-umbian yang difermentasikan menjadi nata de coco dan rasanya tawar. Shirataki biasanya disajikan sebagai toping dari sajian utama.