GOJEK App

One app for every need

Pesta Makanan khas Makassar

Pesta Makanan khas Makassar
GoFood / 8 Jan 2019

Hai GO-FOODies,

Pantai Losari memang merupakan salah satu daya tarik terbesar bagi orang yang pertama kali berkunjung ke Makassar. Pantai Losari menyajikan panorama laut dengan spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbenam dan angin sepoi-sepoi di pinggir pantai kota Makassar. Tapi tahukah kamu, selain Pantai Losari, Makassar juga merupakan kota yang terkenal dengan makanan khas yang beragam dan wajib dicoba. Berikut ini merupakan daftar makanan khas Makassar enak yang wajib kamu coba!

5 Tempat Makanan Makassar Yang Enak:

1. Mie Titi
Jangan pernah tinggalkan Makassar tanpa mencoba Mie Titi! Hampir sama dengan I Fu Mie, mie kering yang satu ini telah menjadi makanan Makassar yang wajib untuk dicoba bagi para wisatawan. Kalau diperhatikan, Mie Titi berbentuk hampir sama seperti mie lidi yang biasanya dijajakan di depan sekolahan. Hanya saja Mie Titi sedikit lebih tebal. Disajikan dengan kuah kental dengan aroma khas hasil pembakaran menggunakan arang dengan potongan ayam, bakso ikan, udang, dan sawi menjadi pelengkap yang ditaburkan di atas mie. Bunyi kriuk akan terdengar saat gigi kamu bertemu dengan mie ini. Hmm… yuk cobain!

Mie Titi

PESAN VIA GO-FOOD DI SINI

2. Songkolo Begadang Timbang Alhamdulillah
Banyak yang menarik untuk diceritakan dari makanan tradisional Makassar yang satu ini. Bagi yang belum tahu, songkolo atau yang juga kerap disebut sokko, merupakan sajian nasi ketan hitam atau putih yang ditabur dengan serundeng atau parutan kepala sangrai. Biasanya dinikmati dengan ikan teri asin, telur, dan sambal kuning. Mengapa disebut begadang? Karena makanan ini justru sering dicari pada waktu tengah malam oleh masyarakat di Makassar. Lalu mengapa timbang? Uniknya makanan ini sebelum disajikan, terlebih dahulu ditimbang oleh si penjual. Satu porsi beratnya 1 ons. Ini membuatnya menjadi makanan Makassar yang enak dan layak untuk dicoba.

Songkolo Begadang

PESAN VIA GO-FOOD DI SINI

3. Raja Pisang Kipas & Pisang Nugget "Medan Igor"
Kalau kamu doyan ngemil, jangan sampai ga cobain Raja Pisang Kipas & Pisang Nugget "Medan Igor" yang menjadi salah satu dari ribuan makanan enak di Makassar. Saking nagihnya, cemilan yang satu ini tidak jarang dijadikan oleh-oleh untuk dibawa ke luar kota. Pisang goreng berbentuk kipas dengan aneka ragam topping yang berlimpah menjadikannya cemilan wajib saat berkunjung ke Makassar. Dan menariknya lagi, disini juga tersedia pisang goreng kipas dengan sambel pedas sebagai pendampingnya loh!

Makanan Khas Makassar

PESAN VIA GO-FOOD DI SINI

4. Bakso Ati Raja
Yang belum pernah dengar Bakso Ati Raja sebelumnya, ini dia “raja”nya makanan enak di Makassar. Siapa sih yang ga suka bakso? Apa bedanya Bakso Ati Raja sama bakso-bakso lainnya? Satu yang wajib dicoba adalah bakso goreng dan sambalnya. Bakso goreng yang renyah di bagian luar, dan lembut di dalam bisa bikin kamu merem melek pas makan. Hati-hati dengan sambel khasnya yang berwarna kuning, kalau ga kuat pedes jangan kebanyakan ya. Sambelnya bisa bikin kepedesan sampe ke ubun-ubun!

Makanan Khas Makassar

PESAN VIA GO-FOOD DI SINI

5. Warung Bravo Pisang Ijo
Kalau ngomongin pisang ijo mungkin sebelumnya udah pernah cobain di tempat lain. Tapi akan kurang afdol kalau belum coba Pisang Ijo asli dari Warung Bravo Pisang Ijo. Tempat kuliner Makassar yang satu ini sudah ada sejak tahun 1986. Bisa kebayang dong bagaimana legend-nya tempat yang satu ini. Dari rasa pisang ijonya sendiri, bisa kamu bandingkan dengan pisang ijo yang pernah kamu coba sebelumnya. Manisnya pisang, dipadu dengan kulit dadarnya yang lembut ditambah saos santan dan manisnya sirup pisang ambon khas Makassar menjadikan pisang ijo dari Warung Bravo Pisang Ijo menjadi makanan tradisional Makassar yang wajib untuk kamu coba.

Warung Bravo Pisang Ijo

PESAN VIA GO-FOOD DI SINI

Dari kelima pilihan makanan diatas, ada yang paling bikin lapar? Semuanya pasti yah! Tau gak? Semua makanan diatas bisa diantarkan langsung ke tempatmu pakai GO-FOOD. Selain makanan di atas belum lengkap rasanya kalau belum nyobain kuliner Makassar malam yang tentunya ga kalah enak dari daftar makanan Makassar di atas. Pilihan kuliner Makassar malam yang wajib banget dicoba ada di sini.
Yuk, download aplikasi GOJEK sekarang untuk bisa menikmati pilihan makanan khas Makassar yang enak-enak ini dengan pesan melalui GOFOOD! Tunggu apa lagi?