logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Lezatnya Saus Kacang Pada Sajian Kuliner Indonesia
Lezatnya Saus Kacang Pada Sajian Kuliner Indonesia
gofood / 05 May 2017

Makanan Indonesia yang menggunakan saus kacang terbilang banyak dan unik. Apapun jenisnya bila disandingkan dengan gurihnya saus kacang akan merubah rasa menjadi semakin nikmat. Sebut saja gado-gado dan ketoprak makanan ini menjadi primadona sebagai makanan dengan saus kacang terpopuler di Indonesia.

Selain dua makanan tersebut masih banyak sajian kuliner Indonesia yang menggunakan saus kacang sebagai bagian utama yang tak terpisahkan. Apakah makanan dengan saus kacang berikut ini termasuk makanan favorit Go-Foodie?

Batagor

Baso tahu goreng atau yang lebih dikenal dengan sebutan batagor adalah jajanan yang populer dari kota Bandung. Cita rasa yang enak, renyah dengan aroma ikan yang khas menjadikan batagor ini disukai banyak orang. Saus kacang yang kental semakin menambah gurih dan lezat. Sajian batagor dari Saus Kacang bisa dipesan di Surabaya melalui aplikasi GO-FOOD.

Siomay

Siomay sama populernya seperti batagor. Tak jarang siomay disandingkan dengan batagor dalam penyajian per porsi. Jajanan yang identik dengan kota Bandung ini rasanya sudah tak diragukan lagi. Siraman saus kacang dan kecap manis serta perasan jeruk limo membuat harum dan gurih siomay.

Kupat Tahu

Kupat tahu adalah makanan tradisional yang juga menggunakan saus kacang dalam penyajiannya. Kupat tahu yang terkenal berasal dari Mangunreja, Tasikmalaya. Kupat tahu versi ini terbilang sederhana karena hanya terdiri dari ketupat, tauge, tahu goreng dan saus kacang. Namun rasanya gurih dan nikmat. Pada proses pembuatan saus kacang memakan waktu yang cukup lama sehingga saus kacang bisa tahan beberapa hari.

Asinan

Asinan betawi kuahnya berwarna cokelat karena menggunakan kacang dalam pembuatan bumbunya. Untuk bahan utama asinan yaitu terdiri dari sayuran dan buah. Tentu saja kedua jenis asinan itu sama enak rasanya. Namun saus kacang pada asinan ini lebih encer dan terlihat berwarna merah karena cabe merah halus.

Otak Otak

Makanan yang sering dijadikan camilan ini juga menggunakan saus kacang sebagai pelengkapnya. Otak otak merupakan makanan yang menggunakan ikan tenggiri yang dihaluskan sebagai bahan dasar utamanya. Dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dimatangkan dengan cara dibakar di bara api. Saus kacang pada otak otak cenderung encer dibandingkan saus kacang pada siomay maupun batagor.