logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Kurma, Buah Popular Saat Ramadan
Kurma, Buah Popular Saat Ramadan
gofood / 24 Feb 2024

Saat Ramadan kurma menjadi salah satu jenis buah yang mudah ditemui. Meskipun kurma yang beredar di pasaran Indonesia adalah  jenis kurma kering yang sudah melalui proses pengawetan.

Kurma segar boleh terbilang langka di Indonesia, bentuknya seperti anggur dengan ukuran lebih besar berwarna kuning kecokelatan.

Dua jenis kurma tersebut memiliki kandungan gizi berbeda. Seperti dilansir dari detikfood berikut perbedaan kurma segar dan kering.

Kalori

Kandungan kalori kurma kering lebih banyak dibanding kurma segar. Tiap 100 gr kurma kering mengandung sekitar 284 kalori, sedangkan kurma segar mengandung 142 kalori.

Protein, lemak, dan karbohidrat  

Protein, lemak, dan karbohidrat adalah zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut jelas berbeda pada kurma segar dan kurma kering. Kurma kering mengandung 2 kali lebih banyak karbohidrat dibanding kurma segar. 

Tiap 100 gr kurma segar mengandung 1.8 gr protein, 1gr lemak, 37 gr karbohidrat, dan 3.5 gr serat.

Vitamin dan mineral

Kurma kering mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi dibandingkan kurma segar. Tapi kurma segar lebih tinggi kandungan vitamin C dibandingkan kurma kering.

Penyimpanan

Kurma segar dapat bertahan hingga 8 bulan dengan penyimpanan pada wadah tertutup dalam kulkas. Kurma kering bisa bertahan hingga 1 tahun dalam kulkas dengan penyimpanan wadah tertutup, sementara jika dalam feezer bisa sampai 5 tahun.

Jadi Go-Foodie lebih suka kurma segar atau kurma kering?