logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Indonesia Surganya Makanan Berkuah, Cek 5 Makanan Berikut
Indonesia Surganya Makanan Berkuah, Cek 5 Makanan Berikut
gofood / 05 May 2017

Makanan berkuah di Indonesia sangat banyak dan makanan ini nikmat disantap selagi hangat. Tiap daerah mempunyai ciri khas makanan yang menjadi ikon masing-masing kota. Ragam makanan yang dimiliki Indonesia semakin memperkaya jajaran kuliner nusantara.

Ada 5 makanan berkuah versi GO-FOOD, apakah makanan berikut ini termasuk favorit kalian?

Cuanki Bandung

Cuanki makanan ini terkenal dan populer di Bandung. Konon kata cuanki itu merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Asal muasal memang pedagang cuanki menjajakan jualan dengan cara berkeliling kampung. Seporsi cuanki terdiri dari bakso, batagor dan tahu dengan kuah panas ditaburi bawang goreng dan daun seledri. Nikmat sekali apalagi ditambah sambal bawang semakin menambah lezat.

Empal Gentong

Kuliner asli Cirebon ini menjadi makanan wajib yang disantap saat berkunung ke kota udang. Empal gentong merupakan sejenis sop berkuah santan berwarna kuning khas Cirebon yang dimasak dalam gentong besar terbuat dari tanah liat dan apinya dari kayu bakar. Seporsi empal gentong terdiri dari potongan daging dengan taburan daun kucai berwarna hijau. Biasanya tersedia cabai bubuk untuk menambah rasa pedas.

Soto Bandung

Bandung mempunyai beragam kuliner enak dan lezat salah satunya soto Bandung. Soto ini menggunakan kuah bening dengan isi potongan daging, irisan lobak, kacang kedelai goreng, daun bawang seledri dan taburan bawang goreng. Soto daging khas kota kembang ini memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

Tekwan

Beralih ke daerah Sumatera Selatan tepatnya Palembang, daerah ini pun mempunyai makanan terbuat dari ikan yang tak kalah enak dengan pempek. Sup dari olahan ikan ini dikenal dengan nama tekwan. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri halus kemudian diberi tepung sagu atau kanji dan diberi bumbu sehingga menghasilkan bola bola ikan yang lembut. Tekwan disukai karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dalam penyajian satu mangkok tekwan terdiri dari bola-bola ikan, bunga sedap malam, potongan bengkuang, jamur kuping dan daun seledri. Kuahnya berasal dari kaldu udang yang gurih.

Pallubasa

Pallu Basa adalah makanan berkuah menyerupai soto dengan bahan dasar daging dan jeroan dari sapi. Sekilas pallu basa mirip dengan coto Makassar namun pallu basa menggunakan santan kental dan kelapa parut sangrai. Inilah yang menghasilkan aroma yang gurih serta kuah dengan rasa yang khas begitu kental terasa di lidah. Jika coto menggunakan buras namun pallu basa menggunakan nasi sebagai pendamping. Penyajiannya unik pada satu mangkok pallu basa bisa ditambahkan kuning telur ayam kampung ke dalam kuah yang masih panas.