GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Gyoza, Kudapan ala Jepang

Gyoza, Kudapan ala Jepang
GoFood · 30 Nov 2015

Keberadaan makanan Jepang bernama Gyoza mungkin masih terbilang baru. Memang Gyoza ini masih tergolong makanan anyar di Jakarta, dan sebelumnya hanya bisa ditemui di restoran Jepang.

Tapi sekarang Gyoza dapat ditemui dengan mudah. Jenis makanan seperti apa Gyoza ini? Gyoza, konon adalah makanan yang berasal dari China namun berkembang dan popular di Jepang. Secara tampilan sekilas Gyoza mirip dengan siomay atau dimsum.

Cara memasaknya unik dan sedikit berbeda dengan siomay atau dimsum. Kulit gyoza dimasak dengan cara dipanaskan dengan sedikit minyak kemudian bagian bawahnya kering kecokelatan, setelah itu direbus dengan sedikit air sampai ke perut gyoza sehingga rasanya renyah.

Di negara aslinya, isi Gyoza terbuat dari daging babi namun begitu masuk ke Indonesia dan mengikuti kebiasaan masyarakat yang mayoritas beragama muslim Gyoza pun menggunakan daging ayam atau sapi.

Jika GoFoodie ingin mencicipi seperti apa rasa Gyoza ini bisa mencoba ke daerah Cibubur. Nama tempatnya adalah Bungkuzen. Disini menjual beraneka macam makanan menu utama Jepang yang jarang terdapat di restoran seperti Gyoza, Yakiudon, Yakitori, Mini Wagyu Steak, Matcha Milk Pudding, Custard pudding, Choco orange pudding.

Sang pemilik memilih nama Bungkuzen berawal dari bungkusan, makanan yang dibungkus. Bungkuz artinya bungkus dan Zen artinya lezat. Kemudian terciptalah nama Bungkuzen untuk brand dari bisnis kuliner ini. Berawal dari hobi memasak makanan Jepang sang pemilik kemudian membuka bisnis makanan ini sejak dua tahun lalu.

Menu unggulan dan paling banyak dipesan di Bungkuzen adalah Gyoza. Isian terdiri dari dua jenis yaitu daging ayam dan daging sapi. Jika ingin menyantap sebagai makanan utama GoFoodie bisa memesan Chicken Gyoza Reguler yaitu terdiri dari nasi dan tiga potong gyoza. Atau bisa juga memesan royal Pack dengan Gyoza isi delapan potong.