GOJEK App

One app for every need

Bersama Inisiatif #GoGreener dari GoFood, Mari Lebih Bertanggung Jawab terhadap Lingkungan!

Bersama Inisiatif #GoGreener dari GoFood, Mari Lebih Bertanggung Jawab terhadap Lingkungan!
GoFood / 14 Mar 2020

Masih ingat dengan inisiatif #GoGreener yang diluncurkan oleh GoFood di tahun lalu? Lewat #GoGreener,  Gojek memudahkan ekosistem GoFood untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan program dan teknologi yang dirancang khusus untuk pelanggan GoFood, mitra merchant, dan mitra driver. 

GoFood merupakan layanan pesan-antar makanan pertama di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan dengan tiga program utama sebagai berikut:

  • Fitur pilihan alat makan sekali pakai 
    Udah pada tahu belum kalau merchant tertentu di GoFood menyediakan pilihan untuk tidak menyertakan alat makan plastik sekali pakai dalam pemesanan makanan? Pertama, kamu bisa dengan mudah menemukan daftar merchant tertentu tersebut pada banner layanan GoFood. 

Kemudian, ketika kamu memilih makanan di antara daftar merchant tersebut sebelum masuk ke halaman checkout, kamu bisa menambah alat makan yang tertera sebagai pilihan menu jika memang memerlukannya.

Jika kamu tidak membeli alat makan di merchant tersebut, mitra driver tidak akan menyertakan alat makan sekali pakai bersama pesananmu untuk membantu kamu lebih ramah lingkungan.

  • Paper Bag untuk mitra usaha GoFood dari GoFresh
    GoFood memfasilitasi merchantnya yang ingin mengganti kemasan plastik sekali pakai dengan menawarkan paper bag GoFood yang bisa dibeli melalui layanan GoFresh dengan harga terjangkau sehingga produk makanannya tetap aman sampai ke pelanggan dan tetap memperhatikan penggunaan bahan yang ramah lingkungan.
  • Edukasi penggunaan tas guna ulang mitra driver
    GoFood megedukasi dan memfasilitasi mitra driver agar membawa tas guna ulang sendiri saat mengantarkan makanan dan minuman, serta mengurangi penggunaan kantong plastik dengan tetap menerapkan standar kebersihan dan keamanan. Dengan ini, mitra driver dapat turut berkontribusi menerapkan gaya hidup ramah lingkungan ketika mengantar makanan.

Selain itu, untuk mendukung inisiatif #GoGreener, GoFood berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Dinas Lingkungan Hidup di tingkat daerah serta organisasi lingkungan, diantaranya Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) untuk mengedukasi para pelanggan GoFood. Kemudian, kerjasama dengan Plastik Detox untuk memberikan pelatihan bisnis ramah lingkungan kepada para mitra merchant GoFood melalui program Gojek Wirausaha (GoWir) dan bersama World Wildlife Fund (WWF) - Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada mitra driver melalui program Bengkel Belajar Mitra (BBM).

Dengan adanya dukungan terhadap inisiatif #GoGreener*, ternyata:

  • Jumlah mitra usaha GoFood yang mengadopsi inisiatif #GoGreener meningkat 22,5 kali lipat dibandingkan awal 2019
  • 97% pelanggan GoFood memilih untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika bertransaksi di merchant #GoGreener
  • Melalui inisiatif #GoGreener, GoFood telah menyelamatkan 9,2 ton plastik sekali pakai yang jika ditumpuk setara dengan >4.500 kali tinggi Monas, lho!

*Data per Juni 2020.

Yuk, mari bersama bertanggung jawab untuk lingkungan bersama #GoGreener! Selain 3 hal di atas, cek infografik dibawah ini supaya kita bisa sama-sama lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.