GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

5 Sajian Lezat Nasi Asli Indonesia

5 Sajian Lezat Nasi Asli Indonesia
GoFood · 16 Aug 2016

Nasi, makanan ini begitu akrab di kehidupan masyrakat Indonesia. “Jika belum makan nasi sama aja belum makan” celotehan ini sering kali terdengar dalam percakapan sehari-hari.

Nasi dapat diolah menjadi bermacam kuliner yang menggugah selera. Jika dijabarkan olahan nasi asli Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Berbekal bumbu dan rempah asli Indonesia semakin memperkaya rasa kuliner Indonesia.

Berikut ada 5 jenis nasi asli Indonesia versi GO-FOOD yang menggugah selera.

Nasi Bebek Madura

Nasi Bebek Madura dengan bumbu hitam adalah menu kuliner nusantara yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meski berasal dari pulau Madura namun nasi bebek madura kini banyak dijumpai di Jakarta.

Rasanya yang gurih dan pedas ini mampu membangkitkan selera makan. Daging bebek yang empuk disajikan dengan nasi putih membuat makanan ini banyak digemari oleh pecinta kuliner.

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan nasi bebek madura ini menggunakan bumbu serta rempah yang terbilang lengkap. Salah satu bebek Madura yang bisa dipesan melalui aplikasi GO-FOOD adalah Nasi Bebek Madura Mbak Rin.

Nasi Bakar

Nasi bakar merupakan sajian khas sunda terkenal dengan rasanya yang gurih. Dengan ciri khas utama adalah penyajiannya yang dibungkus daun pisang.  Nasi bakar adalah nasi putih dengan isi bermacam-macam seperti ayam suwir, teri, peda, jamur dan lainnya. Dibungkus rapi menggunakan daun pisang kemudian dibakar.

Tapi sekarang banyak nasi bakar yang semakin bervariasi. Seperti Nasi Bakar Mama Boen, nasi bakar ini mengusung menu asli Manado. Ciri khas Nasi Bakar Mama Boen adalah menggunakan tumis bunga pepaya dalam setiap nasi bakar yang kemudian diisi dengan macam varian.

Nasi Timbel

Tak jauh berbeda dengan nasi bakar, nasi timbel memiliki ciri yang hampir serupa. Sama-sama menggunakan daun pisang untuk membungkus nasi. Namun untuk penyajiannya nasi timbel berbeda dengan nasi bakar. Nasi timbel merupakan nasi putih hangat yang dibungkus daun pisang. Dalam penyajian nasi timbel komplit biasanya terdiri dari lauk pauk seperti ayam goreng, tahu tempe, ikan asin jambal, sambal, sayur asam dan lalapan. Nasi timbel biasanya menjadi menu andalan dalam rumah makan Sunda. Nasi timbel yang bisa dipesan di GO-FOOD salah satunya adalah Nasi Timbel Serba Sunda.

Nasi Gudeg

Kalau menyebutkan kata Gudeg langsung teringat kota Jogja. Makanan khas kota Jogja dan juga di Solo ini terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih. Hidangan nasi gudeg populer di Indonesia.  Dalam satu porsi nasi gudeg terdiri dari nasi putih, gudeg, tahu tempe bacem, opor ayam dan krecek. Meski didominasi rasa manis namun gudeg selalu diminati oleh penikmat kuliner. Jika tak sempat pergi ke Jogjakarta bisa mecicipi sajian nasi gudeg dari Gudeg Pejompongan yang berada di daerah Benhil.

Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali merupakan salah satu kuliner populer yang didominasi rasa pedas. Dalam satu porsi nasi campur bali umumnya terdapat nasi putih, sate lilit, ayam suwir, lawar, plecing kangkung dan sambal matah. Di Bali nasi campur ini memiliki menu yang variatif dan menggunakan bermacam-macam bumbu sehingga bercita rasa kaya rempah. Jika sedang di Bali bisa mecicipi nasi campur Bali dari Babi Bagus (Non Halal).