GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

7 Penyebab yang Bikin Kulkas Jadi Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab yang Bikin Kulkas Jadi Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya
GoFix · 13 Nov 2018

Kulkas itu memiliki peran yang sangat penting di rumah. Kalau tidak ada kulkas, di mana lagi kita menyimpan bahan-bahan makanan agar tetap segar dan lebih awet? Supaya kinerja kulkas tetap optimal, tentu saja perlu diberi perawatan tertentu. Kalau sampai mesinnya rusak dan tidak dingin lagi, kamu pasti akan pusing memikirkan di mana harus menyimpan daging, sayur, serta buah.

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Nah, apa saja sih sebenarnya yang jadi penyebab kulkas tidak dingin? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya akan diulas dalam artikel ini. Jadi pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

1. Bunga Es yang Membludak

Sebab utama mengapa kulkas jadi tidak dingin biasanya adalah bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi lubang angin. Padahal, fungsi utama lubang angin ini adalah mendinginkan suhu kulkas.

Cara mengatasi bunga es ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengeruk bunga es sampai habis atau membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya. Ini akan membuat bunga es cepat mencair. Setelah itu, kamu bisa membuang air sisanya dan membersihkannya. Supaya kulkas tidak cepat rusak, bersihkanlah bunga es ini secara rutin.

2. Salah Pengaturan

Biasanya ini terjadi pada kulkas yang baru dibeli. Jika kulkas barumu tidak dingin, cobalah periksa terlebih dahulu suhu kulkas. Biasanya, kulkas baru beroperasi pada suhu yang membuatnya tidak terlalu dingin. Kamu hanya perlu mengaturnya kembali supaya suhu dinginnya bisa maksimal.

3. Menyimpan Makanan Panas di Dalam

Ini sering terjadi pada banyak orang, yaitu menyimpan makanan yang masih panas langsung ke dalam kulkas. Bukannya makanan tersebut jadi lebih cepat dingin, justru suhu panasnya yang lebih dominan akan menghangatkan makanan di sekitarnya dan juga isi kulkas. Sebaiknya, simpan terlebih dahulu di luar kulkas sampai suhunya jadi sejuk, baru dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Terlalu Dekat dengan Peralatan Panas

Jika kulkas diletakkan pada lingkungan yang panas, tentunya ia akan sulit menurunkan suhu di dalamnya. Hindari meletakkannya terlalu dekat dengan kompor atau penghangat ruangan ya!

5. Stop Kontak Tidak Berfungsi

Semua barang elektronik tentu membutuhkan stop kontak sebagai sumber energi. Jika stop kontak yang terhubung tidak dapat bekerja dengan baik, tentu saja kulkas juga tidak akan bekerja dengan maksimal. Akibatnya, suhu di dalam kulkas tidak akan dingin.

6. Freon Bocor atau habis

Ini juga salah satu penyebab yang umum terjadi. Kondisi freon bocor atau habis akan membuat kulkas menjadi tidak dingin. Coba pegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill. Jika bagian ini tidak panas, maka freon kulkas habis.

7. Kondisi Pintu Kulkas yang Tidak Prima

Lamanya waktu pemakaian bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Ini akan mengakibatkan kulkas sulit tertutup rapat, sehingga udara luar terus masuk ke dalam. Akhirnya, kulkas jadi tidak dingin lagi.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengatasi kerusakan kulkas yang membuatnya tidak dingin lagi seperti di atas, kamu #TenangAja. Cukup panggil layanan GO-FIX pada aplikasi GO-LIFE untuk segera membantumu membetulkan kulkas. Mulai dari pemeriksaan sampai dengan tindakan, teknisi profesional GO-FIX bisa bantu kamu. Jangan biarkan rusaknya kulkasmu semakin lama, dan bikin makanan di dalamnya jadi basi.

Daripada pusing karena kulkas di rumah tidak dingin, yuk segera panggil teknisi GO-FIX! Klik aja tombol di bawah ini.