GOJEK App

One app for every need

Jangan Sembarangan Pakai AC! Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!

Jangan Sembarangan Pakai AC! Ketahui Dulu 5 Fakta Ini!
GoFix / 30 Aug 2018

Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan sekarang sudah menjadi salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas. Tidak hanya di gedung kantor saja, sudah banyak orang yang memasangnya di rumah agar suasana jadi lebih sejuk. Biasanya. AC dipasang di kamar tidur dan ruang tengah.

Nah, bagi kamu yang memakai AC di rumah, sebaiknya tidak sembarangan memakainya ya! Ketahui dulu 5 fakta mengenai AC ini.

1. Bila Pemakaian Lebih dari 8 Jam, Setel Suhu di Atas 22oC

Suhu di bawah 22oC dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras. Selain membuat tagihan listrik membengkak, hal ini dapat membuat komponen-komponen AC lebih cepat rusak. Sementara dari sisi kesehatan, suhu yang nyaman untuk kita beristirahat adalah 24o-25oC. Sebaiknya hindari membuat suhu tubuh turun terlalu ekstrem.

2. Atur Mode Pada Cool, Bukan Auto Dry

Selain tombol on/off dan naik/turun suhu, mungkin kamu tidak mengenal fungsinya. Jika kamu merasa bahwa AC kurang dingin padahal suhunya sudah 20oC, bisa jadi ini karena aturan modenya adalah Auto Dry, bukan Cool. Fungsi mode Auto Dry ini adalah untuk mengurangi kelembapan udara pada ruangan, sementara mode Cool fungsinya memang untuk membuat ruangan jadi dingin.

3. Aktifkan Timer AC Saat Tidur

Supaya tidur nyenyak dan nyaman, kebanyakan orang membutuhkan AC di kamar. Supaya penggunaannya juga efisien, kamu bisa atur timer AC untuk mati beberapa jam setelah waktu tidur. Semburan udara AC yang terlalu dingin bisa menyebabkan gangguan syarat dan penyakit lain. Jangan lupa untuk atur suhu jadi 25oC ya!

4. Tetap Buka Jendela di Pagi Hari

Agar udara di ruangan tetap sejuk dan sirkulasinya lancar, bukalah jendela setiap pagi. Udara di pagi hari cenderung lebih bersih dan bebas polusi. Pertukaran udara yang sehat dapat menjamin kualitas kesehatanmu dan keluarga di rumah.

5. Malas Membersihkan AC Bisa Berdampak Pada Kesehatan

Normalnya, AC perlu dibersihkan setiap 3 bulan sekali. Jika malas membersihkannya, penumpukan debu dan kotoran tidak hanya berdampak pada kerusakan mesin AC, tapi juga kamu yang menghirup udaranya.

Jika kamu merasa sudah terlalu repot dengan urusan rumah tangga dan kantor sehingga tidak sempat membersihkan AC, #TenangAja, segera gunakan layanan GO-FIX! Pesan layanan GO-FIX yang kamu butuhkan melalui aplikasi GO-LIFE, lalu teknisi profesional akan segera datang ke rumah untuk membantumu.

Jangan biarkan AC-mu lebih kotor lagi, segera bersihkan dengan bantuan GO-FIX!