GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Antisipasi Mati Lampu Mendadak, Ketahui 4 Tips Menyimpan ASI Ini!

Antisipasi Mati Lampu Mendadak, Ketahui 4 Tips Menyimpan ASI Ini!
GoFix · 9 Aug 2019

Bagi ibu menyusui, aktivitas memerah ASI tentu menjadi sangat penting. Terutama bagi paraworking moms yang sering beraktivitas di luar rumah. ASI perah (ASIP) harus disimpan dengan baik agar kebutuhan bayi bisa tetap terpenuhi dengan baik.

Biasanya, ASIP disimpan di dalam freezer dengan suhu minimal 4 derajat celsius. ASIP yang disimpan ini dapat digunakan selama beberapa waktu ke depan.

Lalu, bagaimana jika tiba-tiba mati lampu atau listrik? Nggak perlu panik, kamu bisa menyelamatkan ASIP dengan tips berikut ini!

Hindari Membuka Pintu Freezer

Saat kamu membuka pintu freezer, suhu di dalamnya akan berubah. Hal ini tentu dapat memengaruhi kondisi ASIP yang telah kamu simpan. Supaya ASIP tetap dingin, jangan buka freezer kecuali keadaan memang mendesak!

Isi Penuh Freezer

Sebaiknya, lakukanlah hal ini dari sekarang sebelum mati lampu terjadi! Isi celah kosong di dalam freezer dengan bongkahan es batu, ice gel, atau blue ice. ASIP di dalam freezer akan lebih tahan beku dengan kondisi yang padat seperti ini.

Pindahkan ke Cooler Bag

Jika mati lampu dirasa terlalu lama segera pindahkan ASIP ke dalam cooler bag. Jangan lupa untuk pindahkan juga bongkahan es batu, ice gel, atau blue ice ya! Kemudian, bungkus cooler bag dengan handuk. Kamu bisa mulai kontak kerabat terdekat yang bersedia dititipi ASIP.

Sedia Genset

Harga genset memang cukup mahal. Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa beli genset untuk mengantisipasi mati lampu mendadak seperti ini. Segera nyalakan genset jika mati lampu sudah terlalu lama, supaya kondisi ASIP tetap prima.

Jangan Buru-buru Dibuang

Menurut para ahli, ASIP beku dalam freezer bisa bertahan hingga 12 jam jika mati lampu mendadak. Kamu bisa prioritaskan untuk meminumkan bayi ASIP yang sudah terlanjur mencair. ASIP yang sudah mencair sempurna tidak boleh dibekukan kembali ya! Karena ini akan merusak kandungan nutrisi dalam ASIP.

Supaya ASIP tersimpan dengan sempurna, pastikan juga kulkas di rumah selalu dalam kondisi yang prima ya! Periksakan secara berkala bersama GoFix, setidaknya 2 bulan sekali ya! Jangan sampai kamu menyimpan ASIP di kulkas yang sudah terlanjur rusak.

Klik tombol di bawah untuk memesan layanan perawatan kulkas GoFix!