GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

6 Model Atap Minimalis, Mana Favoritmu?

6 Model Atap Minimalis, Mana Favoritmu?
GoFix · 23 Jul 2019

Atap rumah tentu adalah elemen penting yang membuat rumah teduh sekaligus melindunginya. Modelnya bisa bermacam-macam juga, sesuai dengan iklim daerah dan selera. Buat kamu yang lagi cari-cari inspirasi model atap minimalis, yuk simak artikel di bawah ini!

1. Model Atap Rumah Pelana

Model pelana ini banyak digunakan di Indonesia. Desainnya sederhana dan aman untuk berbagai model rumah. Atap pelana ini bentuknya menyerupai segitiga, dua bidang miring yang dipertemukan ujung atasnya. Apakah rumahmu juga menggunakan model atap ini?

2. Model Atap Limas atau Perisai

Atap jenis ini adalah penyempurnaan dari bentuk desain atap rumah pelana yang sering kita jumpai. Dua bidang miringnya memiliki sudut kemiringan yang sama, membuat rumah jadi tampak sangat artsy. Model atap minimalis ini mampu melindungi rumah dari panas sinar matahari dan air hujan secara maksimal.

3. Desain Atap Mansard

Desain atap ini jarang ditemukan di Indonesia. Jika kamu menonton film-film barat, pastinya familiar dengan model ini. Desain atap mansard ini paling banyak ditemukan di Perancis. Memang, desain ini sangat klasik dan fungsional. Bagian bawah atap bisa dijadikan loteng penyimpanan barang juga, lho!

4. Atap Rumah Datar

Model ini sangat sederhana dan sering diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya minimalis, bangunan bertingkat, atau balkon. Tenang saja, atap tetap dipasang dengan kemiringan tertentu agar air hujan tetap bisa mengalir ke bawah. Perlu juga untuk memerhatikan sirkulasi udara di ruangan bawahnya supaya tidak jadi panas!

5. Model Atap Skillion

Model atap rumah ini biasanya banyak digunakan untuk bangunan tambahan seperti selasar. Bangunan dengan atap model ini menempel pada bangunan utama. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan model atap minimalis ini pada bangunan utama juga, lho! Malah, bangunan bisa tampak sangat artsy dan unik!

6. Desain Atap Piramida

Atap piramida memang tampak seperti bertumpuk-tumpuk, tapi popularitasnya tak lekang oleh waktu! Buat kamu yang ingin membangun rumah dengan desain atap piramida, harus melakukan perhitungan panjang, lebar, dan tinggi di tiap sisi dengan amat teliti!

Model atap minimalis mana nih yang jadi favoritmu? Jangan lupa untuk konsultasikan pada arsitek yang bertanggung jawab atas rumahmu, supaya atap bisa dipasang dengan rapi. Masalah perawatannya nanti, kamu bisa andalkan GoFix pada aplikasi GoLife! Mencari teknisi, semudah klik-klik saja!