GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

6 Cara Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Lebih Tahan Lama

6 Cara Menyimpan Daging di Kulkas Supaya Lebih Tahan Lama
GoFix · 10 Jul 2019

Tahu nggak kalau menyimpan daging di kulkas itu ada tekniknya sendiri supaya bisa bertahan lama dan teksturnya tetap bagus? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini kalau kamu penasaran bagaimana caranya!

1. Pilih Daging Paling Segar

Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama
Beli yang paling segar

Jika kamu memang berencana untuk menyimpan daging untuk jangka waktu yang lama, pilihlah daging yang paling segar. Lebih baik lagi jika baru saja dipotong di hari yang sama. Cobalah untuk konfirmasi pada pihak penjual mengenai ini.

Cara lainnya, kamu bisa menekan-nekan daging. Apabila kembali ke bentuk semula, maka daging itu segar. Jika sebaliknya, bisa jadi daging kurang segar. Apalagi kalau warnanya juga pucat. Duh!

2. Nggak Perlu Dicuci

Banyak yang bilang bahwa mencuci daging bisa membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada daging. Nyatanya, air keran yang digunakan untuk mencuci juga bisa jadi mengandung bakteri yang akhirnya menempel lagi pada daging. Kemudian, jika daging tersebut dikeringkan terlebih dahulu sebelum masuk kulkas, bakteri dari udara bisa menetap pada daging juga. Hiii!

Jadi, jika memang daging akan dimasukkan ke dalam kulkas, kamu nggak perlu mencucinya terlebih dahulu. Cucilah jika dirasa perlu sebelum kamu memasaknya.

3. Potong Daging, dan Masukkan ke Wadah

Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama
Potong daging sesuai kebutuhan

Jika kamu membeli daging dalam jumlah yang lumayan besar dan akan mengolahnya jadi beberapa hidangan, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam wadah tertutup. Jadi, saat kamu akan memasaknya, kamu tinggal mengambil satu wadah saja, nggak perlu mengeluarkan semua daging.

4. Bumbui Daging

Kebanyakan orang membumbui daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas supaya bisa lebih meresap. Biasanya, bumbu-bumbu yang dijadikan bahan marinasi daging memiliki zat-antibakteri alami, sehingga daging bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Tapi, bukan berarti kamu bisa menyimpannya terlalu lama ya!

5. Pisahkan Daging Sesuai Jenis

Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama
Pisahkan dagng sesuai jenisnya

Contohnya adalah daging sapi dan daging kambing, keduanya nggak boleh disimpan di dalam wadah yang sama. Sebab, bau dari daging kambing dapat mencemari daging sapi begitu pun sebaliknya. Bagian jeroan pun sebaiknya disimpan dalam wadah yang berbeda lagi.

6. Perhatikan Suhu Kulkas

Simpanlah daging di bagian freezer supaya bisa tahan lebih lama. Suhu rendah freezer dapat mematikan bakteri dalam daging. Namun ingat, jangan terlalu sering buka-tutup pintu freezer, karena nanti suhunya jadi naik-turun, dan bakteri punya kesempatan untuk berkembang. Perhatikan juga kondisi kulkas, jangan sampai kamu nggak tau kalau sedang rusak dan jadi nggak dingin. Nanti, daging yang kamu simpan jadi cepat busuk!

BACA JUGA: 7 Penyebab yang Bikin Kulkas Jadi Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Buat mengecek kondisi kulkas, kamu bisa pesan layanan GO-FIX. Bahkan, GO-FIXjuga bisa memberi tindakan jika dibutuhkan! Memesan layanan GO-FIX sangat mudah, bisa melalui aplikasi GO-LIFE atau klik tombol di bawah ini!