logo
Home
/
Blog
/
godeals
/
5 Tips dan Trik Jitu Mengelola Keuangan
5 Tips dan Trik Jitu Mengelola Keuangan
godeals / 11 Oct 2018

Hai GO-JEKers,

Bayangkan kalau uang adalah air. Di akhir bulan, saat kamu mengalami banjir rejeki karena kiriman gaji, uang datang menderas dari sumber mata pencaharianmu. Kamu pun sibuk menyalurkan uang itu untuk membayar beban tiap bulan. Tak lupa menyisihkan sedikit demi menyenangkan hatimu sendiri. Sayangnya, permasalahannya selalu berakhir klasik: dompetmu tiba-tiba aja kosong, padahal tanggal gajian selanjutnya masih lama.

Nah, drama uang habis sebelum tanggal gajian tiba ini sebenarnya bisa dihindari dengan mudah. Kamu pun nggak perlu mengalami hal tersebut asal cermat dalam mengatur keuangan. Yang kamu perlu lakukan hanyalah patuh pada 5 tips dan trik jitu cara bijak atur keuanganmu seperti berikut ini:

#1: Rencanakan anggaran pengeluaran

Pencatatan pendapatan dan pengeluaran sehari-hari itu penting. Gunanya supaya kamu mudah menemukan permasalahan pengelolaan keuanganmu, seperti jalan-jalan spontan ke supermarket tanpa rencana belanja atau keseringan hangout di tempat yang mahal. Untuk hasil yang lebih efektif, buatlah rencana anggaran pengeluaran setiap hari.

#2: Stop belanja karena laper mata

Berbelanja memang bisa dijadikan kegiatan terapi yang menyenangkan hati. Namun kalau sering dilakukan hanya karena melihat kemasan barang yang menarik atau untuk memenuhi keinginan sementara, berbelanja dapat menjadi penyakit bagi dompetmu. Jadi, pikirkan terlebih dahulu kegunaan barang itu untukmu terlebih dulu sebelum mengambil apalagi membayar di kasir, ya.

#3: Bandingkan harga dan kualitas barang sebelum membeli

Percaya, deh. Barang yang kamu taksir itu nggak cuma tersedia di satu tempat saja. Seringkali jenis barang itu tersedia di beberapa toko dengan ragam harga, merk, dan kualitas yang berbeda. Nah, supaya kamu nggak merasa sebal udah mengeluarkan uang lebih banyak untuk barang yang kamu inginkan, lebih baik tahan diri dulu.

Berkelilinglah ke beberapa toko yang menjual barang serupa atau mencari informasi mengenai barang tersebut di internet.

#4: Selalu sediakan dana untuk situasi yang tak terduga

Faktor yang sering menggerogoti dompetmu bisa jadi muncul dari situasi tak terduga seperti sakit. Selain upaya pencegahan sakit dengan menjalankan gaya hidup sehat, nggak ada salahnya juga mulai menyisihkan anggaran untuk berjaga-jaga.

#5: Manfaatkan penawaran khusus dan promo terbaik dari GO-DEALS

Mau belanja kebutuhan sehari-hari tapi kepentok anggaran yang ketat? Eits, kamu nggak perlu menyiksa diri mengurangi jatah makanmu, memilih barang berkualitas rendah, atau jalan kaki untuk menghemat karena selalu ada penawaran khusus serta promo terbaik dari GO-DEALS.

Temukan berbagai penawaran terhemat dan terbaik GO-DEALS di aplikasi GO-JEK. Dari mulai voucher makan, belanja, kecantikan, hobi, hiburan, travel, sampai berbagai voucher layanan GO-JEK bisa kamu dapatkan di GO-DEALS. Cek info lebih lanjut mengenai ketentuannya di sini.

Nggak sabar mau mencari penawaran terbaikmu hari ini? Cek langsung promo terbaik khusus buat kamu lewat layanan GO-DEALS di aplikasi GO-JEK sekarang.