GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Olahraga Saat Puasa? Bisa Dong! Cek Dulu Tipsnya di Sini

Olahraga Saat Puasa? Bisa Dong! Cek Dulu Tipsnya di Sini
GoDaily · 7 May 2019

Di bulan Ramadan, para umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa semenjak waktu terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Selama kurang lebih 13-15 jam, tubuh tidak mendapat suplai makanan dan minuman apapun. Namun, walau sedang berpuasa, tubuh tetap bisa beraktivitas seperti biasa, termasuk berolahraga.

Lalu, bagaimana cara olahraga saat puasa tanpa membuat tubuh kelelahan? Cek dulu tips-tipsnya di bawah ini ya!

1. Tentukan Jenis Olahraga yang Cocok

Banyak ahli yang menyarankan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang seperti jogging atau bersepeda. Hindari olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi. Jika di tengah olahraga kamu merasa pusing dan seperti ingin pingsan, segera berhenti dan beristirahatlah terlebih dahulu.

2. Tentukan Waktu Olahraga Terbaik

Banyak yang menyarankan untuk berolahraga setelah berbuka puasa. Ini dikarenakan tubuh telah mendapat energi kembali dari makanan dan minuman. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa kita bisa melakukan olahraga saat puasa sekitar 30-60 menit menjelang berbuka. Jadi ketika selesai olahraga, kita bisa langsung makan dan minum. Kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, supaya tidak merasa lemas atau pusing saat berolahraga.

3. Perhatikan Asupan Makan

Jenis hidangan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga perlu diperhatikan nih! Selain waktu makan, porsi juga pasti berubah banget nih! Sebaiknya, selalu upayakan untuk mengonsumsi hidangan yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai dengan mineral. Supaya kebutuhan tubuh dapat terpenuhi semuanya.

Saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis. Untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu bisa konsumsi ikan, daging, dan telur. Jadi, pastikan kamu bijak dalam memilih makanan saat bulan puasa ya!

4. Tetap Tidur Cukup

Karena harus bangun dini hari untuk sahur, maka kurangilah begadang. Supaya tubuh tetap bugar untuk olahraga saat puasa, pastikan kamu tidur setidaknya 7 jam per hari.

5. Minum Air Putih Cukup

Asupan air putih untuk minum juga tidak kalah penting. Jangan sampai kamu dehidrasi karena olahraga saat puasa ya! Pastikan kamu minum sekitar 1,5-2 liter air putih setiap harinya. Kamu bisa minum dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi sebelum tidur.

Coba cek dulu ketersediaan air putih di rumahmu ya! Jika sudah menipis, segera beli lagi melalui GO-DAILY pada aplikasi GO-LIFE. Kamu bisa beli air putih dalam ukuran gelas, botol, ataupun galon. Menyesuaikan dengan kebutuhanmu saja!

Selamat berolahraga saat puasa! Buat penuhi kebutuhan air putih, langsung aja meluncur ke layanan GO-DAILY atau klik tombol di bawah ini!