GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

Buah Plum Efektif untuk Diet, Mitos atau Fakta?

Buah Plum Efektif untuk Diet, Mitos atau Fakta?
GoDaily · 14 Jun 2019

Tips diet untuk menurunkan berat badan memang bertebaran di internet. Apabila kamu adalah salah satu orang yang aktif di sosial media, pastinya kamu pernah menemukan iklan toko online yang menjual buah plum kering dalam kemasan atau dalam jus botolan.

Klaimnya, diet buah plum ini dapat dengan efektif menurunkan berat badan. Namun, apakah itu benar?

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Banyak yang mengatakan bahwa buah plum adalah camilan yang bagus jika kita ingin menurunkan berat badan. 100 gram buah plum segar mengandung sekitar 30-45 kalori.

Kandungan seratnya yang tinggi akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, jadi tidak perlu menambah asupan kalori. Tidak hanya itu saja, buah plum juga memiliki indeks angka glikemik yang rendah. Jadi, walau rasanya manis saat dimakan, buah plum tidak akan membuat kadar gula darah meningkat drastis.

Buah Plum dikatakan baik untuk diet karena kandungan gula sorbitol yang bersifat laksatif alias pencahar. Dengan kata lain, mengonsumsi buah plum dapat membantu tubuh menguras kelebihan berat air karena BAB yang lebih lancar.

Hindari Mengutamakan Plum Sebagai Solusi Diet

Bagi beberapa orang, buah plum memang seperti memiliki solusi yang menjanjikan untuk diet. Namun, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan plum saja untuk menurunkan berat badan. Sebab, walau buah plum minim kalori, tapi jika mengonsumsinya terlalu banyak bisa menambah asupan gula dan karbohidrat yang tidak perlu. Tentu saja, ini malah bikin diet jadi tidak efektif.

Selain itu, mengonsumsi buah plum kering terlalu sering juga memiliki efek samping pada kesehatan pencernaan. Kandungan sorbitol dan serat dapat memicu produksi gas lambung berlebihan yang membuat perut jadi tidak nyaman. Sifat laksatif pada buah ini juga dapat menyebabkan diare dan sembelit.

Maka dari itu, tetap dianjurkan untuk menjaga kualitas makanan sehari-hari dan perbanyak olahraga jika kamu ingin diet. Buah plum dapat kamu konsumsi sesekali sebagai camilan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hindari untuk menjadikannya sebagai solusi diet satu-satunya ya!

Jangan lupa juga untuk minum air putih cukup setiap hari agar diet jadi lebih lancar. Jika stok air putih di rumah sudah menipis, segera beli melalui GO-DAILY pada aplikasi GO-LIFE. Mulai dari kemasan galon sampai dengan botol, semua ada!