GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Ibu Komariah, “Ibu Kuat Karena Dukungan Keluarganya”

Ibu Komariah, “Ibu Kuat Karena Dukungan Keluarganya”
GoClean · 20 Dec 2019

Perjalanan Ibu Komariah membesarkan anak semata wayangnya cukup berliku. Sebagai ibu tunggal, Ibu Komariah harus memutar otak untuk bisa bertahan hidup dan berpenghasilan.

“Saya menjadi ibu tunggal di usia yang sudah tidak muda lagi.Prinsip saya, semua rezeki hidup mati udah diatur Allah, jadi jangan sampai kita suudzon sama Allah. Dari sebelumnya masih bergantung dengan penghasilan dari suami, mau tidak mau harus berjuang demi anak saya. Sempat mendaftar jadi TKW, jadi ART dan mengajar PAUD, karena saya lulusan SPG. Tapi akhirnya rencana Allah membawa saya ke GoClean,” kata Ibu Komariah.

Ibu Komariah bergabung di GoCleanpada tahun 2016. Ia menyewa kamar kost di bilangan Jakarta Selatan dan rela berpisah dengan anaknya agar bisa mencari orderan GoClean

“Tahun 2016, saya pun bergabung GoClean. Waktu itu saya masih generasi awal GoClean. Saya ikhlas dan rela tinggalkan keluarga besar di Serang dan anak saya titipkan pada ibu dan Kakak saya. Alhamdulilah rejeki memang sudah diatur, sedikit demi sedikit saya bisa mulai menabung. Bahkan saat ini anak saya sedang kuliah di Bandung. Jurusan fotografi perfilman yang ia inginkan. Saya komitmen, saya harus cari kerja. Yang membuat saya bertahan itu adalah anak saya. Prinsip saya dalam bekerja ya harus ikhlas, sabar, jalani saja. Rejeki ngga akan ketuker,” kata Ibu Komariah.

Perempuan asal Bandung ini juga aktif di komunitas mitra dan dijuluki Emak Kom. Ia bercerita, banyak mitra sesama perempuan yang berkonsultasi kepadanya untuk sekedar berbagi tips mengambil orderan.

“Di komunitas mitra, saya selalu bilang sama sesama mitra perempuan, harus yakin, harus punya keahlian. Perempuan harus kuat, karena kita pasti bisa kalau usaha. Beberapa manggil saya Emak Kom, karena mungkin saya sering jadi tempat cerita sesama mitra. Dari GoClean, saya bisa cicil biaya uang masuk kuliah anak saya. Anak saya juga baik dan sangat pengertian. Perhatiannya juga, selalu ingetin saya untuk jaga kesehatan. Berkat dukungan dia, saya jadi semangat untuk mencari uang,” kata Ibu Komariah.

Ibu Komariah bersyukur, ia bisa bertahan sampai hari ini karena dukungan keluarga dan anaknya. Meski kini ia tinggal terpisah dari anaknya, ia selalu mengupayakan berkomunikasi dengan anaknya. Baginya, semangatnya bekerja didasari sebagai tujuan agar anaknya bisa sekolah dan sukses.

“Tiap pagi saya minum madu dan telur, supaya saya tetap fit. Karena kalau ambil order panjang kan harus bertenaga juga ya namanya bersih-bersih. Saya pastikan dari pagi sudah online, lalu pulang ke kost untuk istirahat, sholat dulu, saya juga sempatkan telponan dengan ibu, keluarga dan anak saya di Bandung, lalu kerja lagi. Saya selalu berusaha berpenampilan sebersih mungkin. Bagaimanapun customer tentu melihat itu. Itu juga yang sering saya bilang ke mitra-mitra lainnya. Saya terinspirasi dari ibu saya yang tangguh dan kuat, makanya saya harus bisa menjadi sosok ibu yang baik untuk anak saya,” kata Ibu Komariah.

Dari GoClean, kini Ibu Komariah bisa mulai menabung sedikit demi sedikit untuk pendidikan anaknya. Baginya, sabar dan ikhlas jadi prinsipnya menjalani hidup. Sebagai seorang ibu, ia ingin bisa melihat anaknya sukses dan bisa mengangkat derajatnya.

Ibu Komariah adalah satu dari mitra GoCleanyang memiliki energi untuk menjadi guru pertama yang selalu memberikan/mengajarkan hal-hal baru bagi keluarganya. Salut untuk para ibu, #PastiAdaJalan untuk menjadi ibu sekaligus pahlawan keluarga. 

Rumah udah mulai berantakan? Yuk pesan GoClean, siapa tahu bertemu mitra seperti ibu Susana yang siap bantu membersihkan rumah kamu!