logo
Home
/
Blog
/
gobox
/
Tantangan dan Peluang Bisnis Katering Online
Tantangan dan Peluang Bisnis Katering Online
gobox / 24 Feb 2024

Bisnis online yang semakin ramai dirambah para pelaku bisnis kini mulai memiliki industri yang beragam. Bisnis katering, contohnya telah memasukin pasar online juga. Bagi Anda yang tertarik melakukan bisnis katering secara online ada baiknya untuk menelaah terlebih dahulu tantangan dan peluang yang diberikan agar tidak salah langkah dalam menjalani bisnis tersebut di kemudian hari.

 

Tantangan

Ingat bahwa tidak hanya Anda yang melirik peluang usaha ini melainkan banyak orang. Pikirkan terlebih dahulu apa yang membuat bisnis katering Anda berbeda.

 

    Berbisnis secara online berarti Anda harus memikirkan strategi SEO. Bentuklah tim khusus untuk hal ini agar tidak target marketing Anda tidak meleset.

 

    Bisnis F&B adalah bisnis yang terus menerus berubah karena permintaan yang juga terus berubah. Anda harus siap untuk segala inovasi yang mendadak harus dibuat sehingga dapat terus mengikuti perkembangan zaman.

 

    Quality control secara online harus diperhatikan lebih seksama karena strategi marketing online sangat berbeda dengan marketing konvensional. Anda harus ekstra hati-hati dalam memantau laju bisnis online.

 

    Pelayanan pelanggan untuk bisnis online seakan tidak ada waktunya. Anda harus siap menanggapi komplain atau komentar apapun 24 jam.

 

Peluang

 

    Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. Bisnis katering seakan tidak akan pernah mati karena permintaannya hingga kapanpun akan tetap ada.

 

    Tingginya penggunaan internet di Indonesia sekarang ini menjadi keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online itulah mengapa bisnis ini dilirik banyak orang.

 

    Akses mudah menjadi pertimbangan masyarakat membeli barang secara online. Terkadang mereka hanya perlu menekan satu tombol di smartphone mereka saja untuk membeli sesuatu. Semakin Anda memiliki strategi marketing yang menarik masyarakat akan lebih sering berbelanja di situs atau aplikasi Anda.

 

    Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa masyarakat kini sudah beralih ke online maka Anda pun dapat lebih mudah menjangkau target pasar Anda. Anda hanya perlu menentukan kategori pasar Anda lalu menyesuaikan dengan strategi marketing.

 

    Bisnis online adalah bisnis jangka panjang. Aset Anda untuk 5-10 tahun ke depan karena potensi jualnya yang berjangka panjang juga. Semua orang dari kalangan mana pun dan dari wilayah mana pun dapat mengakses situs Anda.