GOJEK App

One app for every need

Mobil Box vs Truk Engkel

Mobil Box vs Truk Engkel
GoBox / 3 Jun 2016

Masalah pemilihan kendaraan untuk mengangkut dan mengirim barang Anda memang sekilas terlihat sederhana. Namun kalau Anda tidak memahami fungsi dan kegunaannya bagaimana Anda bisa tahu barang-barang Anda lebih tepat diangkut dengan kendaraan apa? Seperti yang akan Anda temukan di dalam menu GoBox yaitu pilihan kendaraan angkut, terdapat dua jenis kendaraan dalam empat ukuran; Mobil Box dan Truk Engkel. Mana yang lebih tepat untuk Anda?

 

Mobil Box

Mobil box memiliki dua dimensi yang berbeda. Untuk mobil box kecil dimensinya berukuran 2 x 1,3 x 1,3 m3 dengan kapasitas barang maksimal 1 ton sedangkan untuk mobil box besar berukuran 3 x 2,5 x 1,5 m3 dengan kapasitas barang maksimal 2 ton. Mobil box biasanya tepat untuk barang-barang yang memerlukan perawatan khusus sehingga tidak boleh terkena udara luar.

Peralatan elektronik, furnitur, atau barang-barang yang nilai jualnya cukup tinggi sehingga tidak boleh terkena guncangan terlalu banyak. Akan tetapi ketika menggunakan mobil box, barang-barang akan sedikit lebih lama dimuat dan dibongkar karena ruang yang terbatas untuk menempatkan barang-barang ke dalam dan ke luar mobil.

 

Truk Engkel

Berbeda dengan mobil box, truk engkel adalah truk dengan ruang yang terbuka untuk memuat barang. Seperti halnya mobil box, truk engkel pada layanan jasa pindah dan angkut barang GoBox juga memiliki dua ukuran. Truk engkel kecil berdimensi 2 x 1,5 x 0,7 m3 dengan kapasitas muatan maksimal 1 ton. Sedangkan truk engkel besar berukuran 3 x 2,5 x 1,5 m3 dengan kapasitas maksimal 2 ton. Barang-barang yang biasa dimuat ke dalam truk engkel adalah berupa barang tanpa perlu perawatan khusus yang tidak mementingkan cuaca dan udara bebas.

Bahan mentah dan barang setengah jadi adalah barang-barang yang biasanya dimuat ke dalam truk engkel. Truk engkel juga dapat menjadi kendaraan yang tepat untuk barang-barang yang tidak membutuhkan ruang terbatas misalnya lemari dengan ukuran cukup tinggi sehingga tidak bergesekan dengan langit-langit mobil. Dengan ruang bebasnya barang-barang akan lebih mudah dimuat ke dalam dan dikeluarkan dari truk.