GOJEK App

One app for every need

Langkah Instan Sukseskan Bisnis Katering Anda

Langkah Instan Sukseskan Bisnis Katering Anda
GoBox / 8 Dec 2016

Kepopuleran bisnis katering yang sedang ramai di masyarakat memang dapat menjadi peluang tersendiri untuk Anda yang baru saja ingin memulai. Apalagi jika Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut yang dapat menjamin kesuksesan bisnis katering Anda:

 

Berkomitmen tinggi

Usaha katering adalah bisnis yang membutuhkan kerja keras. Setiap event memiliki tema masing-masing dengan menu yang berbeda. Tanpa mengetahui apa yang benar-benar diinginkan klien, bisnis katering Anda tidak akan berjalan dengan lancar. Anda harus benar-benar mencintai bisnis Anda ini dan berkomitmen tinggi untuk terus berpikir kreatif dan menerima semua tantangannya.

 

Tentukan target market

Target market terkadang disepelekan oleh banyak orang. Padahal hal inilah yang paling penting. Ketika Anda sudah mengetahui dan menentukan target market maka Anda dapat lebih mudah memasarkan bisnis Anda ke orang-orang yang tepat. Apakah target Anda business to business atau individual? Semua ada di tangan Anda.

 

Tingkatkan reputasi

Setelah mengetahui pasar Anda dan sudah memulai agenda marketing, mulailah membangun reputasi. Kekuatan word of mouth sangatlah berpengaruh pada bisnis katering. Jika awalnya Anda sudah sering mendapat ulasan buruk maka Anda akan sulit membangun reputasi. Sebaliknya jika Anda sudah berhasil membangun citra yang baik jika suatu saat terdapat 1-2 review buruk maka reputasi Anda akan sulit dihancurkan.

 

Utamakan kejujuran

Pekerjaan apapun membutuhkan kejujuran. Tidak terkecuali bisnis katering. Jujurlah pada harga yang dibandrol. Sesuaikan dengan biaya produksi dan lain-lain. Jangan mengambil untung yang melampui batas. Gunakan bahan-bahan yang segar dan tanpa pengawet. Jangan curangi porsi klien hanya karena ia mendapatkan potongan harga. Ingatlah bahwa reputasi lebih penting dibandingkan seperak dua perak.

 

Rencanakan dengan baik

Perencanaan adalah segalanya. Tanpa rencana yang tersusun rapi, Anda akan kesulitan mengatur waktu, uang dan kepercayaan klien. Jika Anda sudah menerima order, mulailah menyusun waktu untuk menyiapkan bahan, mengolah dan mengantarnya sampai ke tempat tujuan. Usahakan Anda selalu on time. Tanamkanlah bahwa Anda harus memberi makan orang lain. Jangan sampai terlambat. Itulah nilai lebih bisnis Anda.

 

Kembangkan brand

Ketika Anda sudah merasa saatnya mengembangkan usaha, berinovasilah. Misalnya dengan membuat website, bekerja sama dengan bisnis-bisnis tertentu seperti dengan perusahaan logistik untuk mengurus segala keperluan pengiriman katering Anda, atau bahkan membuka restoran yang menawarkan jasa katering. Mulailah berpikir out of the box, mulailah merambah ke bisnis yang relevan lainnya.