GOJEK App

One app for every need

Dari Organisasi Mahasiswa jadi Entrepreneur? Bisa!

Dari Organisasi Mahasiswa jadi Entrepreneur? Bisa!
GoBox / 13 Dec 2016

Di zaman yang serba modern ini segalanya menjadi lebih mudah dengan kecanggihan teknologi yang ada. Inilah juga yang membuat banyaknya bisnis baru yang muncul dari anak-anak mudah yang masih duduk di bangku universitas. Bagaimana cara mereka menggapai hal tersebut? Jawabannya adalah mereka belajar dari mengikuti organisasi kampus. Lalu sebenarnya apa yang diajarkan organisasi mahasiswa kepada para entrepreneur muda ini?

 

Latihan dasar kepemimpinan

Setiap organisasi pasti menanamkan nilai-nilai dasar yang penting untuk menjalankan kegiatan yang ada di organisasi tersebut. Contohnya latihan dasar kepemimpinan. Apa saja yang ada dalam latihan ini? Pertama, Anda akan diajarkan bagaimana caranya bekerja sama dalam sebuah tim, lalu bagaimana mengatur emosi dan pikiran untuk dapat mengambil keputusan. Personal development adalah topik utama dalam latihan tersebut.

 

Bersosial

Dalam sebuah organisasi Anda tentu saja tidak sendirian. Akan ada banyak orang yang bekerja sama untuk menjalankan organisasi. Dengan demikian Anda akan belajar bersosialisasi, bertemu dengan lebih banyak orang, belajar berinteraksi dengan baik dan tentunya menjalin networking yang pastinya berguna untuk masa depan Anda. Siapa tahu saja Anda akan bertemu investor bisnis impian saat mengurus organisasi mahasiswa tersebut.

 

Mengurus sistem kerja

Organisasi mahasiswa dapat dikatakan adalah sebuah pintu gerbang untuk mengenal dunia kerja. Terdapat struktur organisasi yang membiarkan Anda terlibat dalam sebuah sistem kerja layaknya di sebuah perusahaan. Dari sini Anda dapat belajar banyak bagaimana bekerja dalam sebuah tim dan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi sebuah masalah yang berhubungan dengan orang lain. Soft skill Anda tentu saja akan terasah dengan sendirinya.

 

Bekerja sama

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, terlibat dalam sebuah organisasi akan banyak membutuhkan Anda untuk bekerja sama. Inilah poin penting menjadi anggota organisasi mahasiswa. Tidak semudah itu lho bekerja sama dengan orang lain yang memiliki pemikiran dan sifat yang berbeda. Tapi jika Anda sudah terbiasa, maka seharusnya saat menjadi entrepreneur nantinya Anda sudah mengetahui trik menghadapi anggota Anda.

 

Membuat event

Saat membuat event kreativitas Anda-lah yang akan diuji. Cara berpikir taktis, sistematis namun tetapi inovatif akan diasah saat mempersiapkan event. Meskipun Anda tidak menjadi ketua pelaksana, Anda akan tetap belajar banyak. Anda akan berkoneksi dengan orang-orang di dunia bisnis seperti orang-orang di balik sebuah event organizer dan lainnya. Inilah modal seorang wirausaha, networking, dan berpikir kreatif. Nantinya saat sudah memiliki bisnis sendiri Anda sudah memiliki setumpuk kartu nama untuk dihubungi ketika membuat acara untuk startup Anda atau justru untuk mengembangkan bisnis Anda.