GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Cara Meningkatkan Proses Pengiriman Perusahaanmu

Cara Meningkatkan Proses Pengiriman Perusahaanmu
GoBox · 4 Sep 2020

Proses pengiriman memang selalu memakan waktu. Akan tetapi, kamu dan perusahaanmu bisa memperbaiki hal ini supaya durasinya lebih pendek. Karena tidak ada orang yang mau membeli sesuatu secara online dan datang dalam jangka waktu yang lama. Mereka pasti ingin pengirimannya cepat.

Lalu, bagaimana cara membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat? Untuk tahu lebih lengkapnya, simak saja ulasan di bawah ini!

Cara Pengiriman Cepat lewat GoBox:

  1. Buat skema pengiriman lebih simpel

Ya, membuat jalur atau skema pengiriman lebih sederhana akan membantu untuk meningkatkan cepatnya paket diterima oleh pelanggan. Misalnya barang yang dipesan bisa diambil di gudang B, kemudian langsung dikemas, dan dikirimkan. 

Jangan malah barang ada di gudang A, kemudian mesti dikirim ke kantor pusat untuk dikemas, lalu menunggu diambil jasa pengiriman. Hal seperti ini akan membuat segalanya lebih lambat dan otomatis sampai ke customer pun lebih lama.

Intinya buat supaya proses pengiriman ini jadi lebih simpel. Kurangi beberapa aspek yang bisa memperlambat pengantaran. Kamu bisa membuat daftar untuk mencatat apa saja yang membutuhkan waktu lama di proses pengiriman kamu dan membuatnya lebih sederhana.

  1. Pakai teknologi yang tepat untuk pendataan

Salah satu cara untuk meningkatkan proses pengiriman supaya lebih cepat adalah dengan menggunakan teknologi yang tepat, baik itu dalam pendataan ataupun yang lainnya. Karena bila kamu masih menggunakan proses manual untuk pendataan, hal tersebut berpengaruh pada efisiensi waktu.

Sebagai contoh, kamu mendapatkan pesanan barang A. Lalu, kamu mendata terlebih dahulu barang tersebut dengan manual atau menulis di kertas dan kemudian baru dikirim. Hal ini tentu memakan waktu yang banyak. Iya, kalau barangnya sedikit, tidak apa-apa untuk dilakukan. Bagaimana bila barang yang dipesan banyak? Pusing kepalamu pasti.

Oleh karena itu, gunakan teknologi yang tepat seperti penggunaan barcode. Dengan teknologi ini, pasti proses pendataan di dalam gudang jadi lebih simpel dan cepat karena sudah tidak ada lagi buka buku catatan untuk mendatanya. 

  1. Optimasi gudang 

Mengoptimalkan penggunaan gudang juga jadi kunci peningkatan proses pengiriman. Jangan semua barang ditaruh asal saja karena hal ini akan membuat karyawanmu jadi kesulitan ketika pesanan datang.

Namun, atur barang sesuai dengan banyaknya permintaan. Jadi, barang yang permintaannya jarang bisa ditaruh lebih jauh dari pintu. Hal ini tentu akan membuat proses pendataan lebih mudah dan pengiriman pun jadi lebih cepat.

  1. Komunikasi dengansuppliersecara aktif

Ya, kamu harus sering menjalin komunikasi dengan supplier-mu. Dengan metode ini, kamu jadi tahu barang apa yang tersedia di sana atau berapa lama stokmu akan datang. Berkomunikasi tidak akan merugikan kamu, kok. Malahan, bisa membuat kamu akrab dengan penyalur barang-barangmu. 

Jangan jadi orang asing pada supplier-mu. Karena kalau ada apa-apa dengan stokmu akan berpengaruh pada proses pengiriman. Jadi, kenali penyedia suplaimu dengan baik dan sering-seringlah berkomunikasi. 

  1. Pilih jasa pengiriman yang bisa dipercaya

Terakhir yang perlu kamu lakukan dalam meningkatkan proses pengantaranmu adalah memilih jasa pengiriman yang bisa dipercaya. Kenapa ini penting? Apabila jasa pengirimanmu cepat, namun barang yang dikirim rusak, tentunya akan mengecewakan konsumen.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan jasa pengiriman yang bisa mengantarkan dengan cepat dan aman. Salah satu contohnya adalah GoBox. Dengan menggunakan GoBox, kamu bisa memotret terlebih dahulu barang yang akan dikirim, sehingga aman dan bisa dipercaya. 

Selain itu, GoBox juga menyediakan armada yang cukup lengkap, mulai dari mobil pickup bak sampai dengan truk engkel box. Semuanya hadir dengan tarif yang berbeda. Apalagi dengan menggunakan GoBox kamu bisa memakai Additional Shipper supaya orang gudangmu tidak perlu repot mengangkat-angkat barang.

Nah, itu tadi cara meningkatkan proses pengiriman perusahaan kamu yang bisa dilakukan. Karena customer selalu ingin barangnya diantar dengan cepat dan bisa dicek pengirimannya. Jadi, pakai saja GoBox supaya paket yang diantar aman dan bisa dipantau selama pengiriman.