logo
Home
/
Blog
/
gobox
/
7 Manfaat Bergabung Organisasi Kampus
7 Manfaat Bergabung Organisasi Kampus
gobox / 24 Feb 2024

Banyak orang sukses yang telah membuktikan bahwa kesuksesannya berasal dari aktifnya orang tersebut berorganisasi. Banyak fakta juga yang telah membuktikan bahwa sebuah organisasi dapat memberikan banyak pelajaran. Jika Anda adalah mahasiswa yang belum memikirkan apakah akan bergabung dalam organisasi kampus atau tidak, silahkan mempertimbangkan manfaat-manfaatnya berikut ini.

 

1. Anda akan mempelajari diri sendiri

Bergabung dalam organisasi mahasiswa memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui kemampuan diri dalam bersosial dan memahami diri sendiri. Anda akan mengerti cara diri Anda menghadapi sebuah masalah yang berhubungan dengan orang lain dan Anda akan mengetahui apa potensi diri Anda sebenarnya. Bahkan lewat organisasi mahasiswa Anda dapat menemukan pekerjaan impian di masa depan.

 

2. Anda akan meningkatkan soft skills

Soft skills adalah kemampuan berinteraksi, berkomunikasi dan bertindak. Bergabung dalam sebuah organisasi yang terbentuk dalam kumpulan sejumlah mahasiswa/i lainnya dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan tersebut. Nantinya Anda akan belajar memahami bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain dan mengatur emosi, pikiran dan tingkah laku Anda saat berinteraksi atau menghadapi berbagai kesulitan di organisasi.

 

3. Anda akan belajar bekerja sama

Inti dari berorganisasi adalah bekerja sama. Organisasi mahasiswa adalah mata pelajaran yang tidak dapat dinilai karena dari organisasi mahasiswa Anda akan mengerti bagaimana nanti di pekerjaan sebenarnya Anda harus bekerja dalam sebuah tim iuntuk bersama-sama mencapai target perusahaan.

 

4. Anda akan memperluas koneksi

Koneksi, suatu hal yang tidak dapat dibeli di dunia ini. Anda harus bersosial untuk mendapatkannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir ketika bergabung dalam organisasi mahasiswa karena koneksi tersebut akan dengan sendirinya terjalin. Mengapa? Karena setiap organisasi pasti memiliki aktivitas dan setiap aktivitas akan melibatkan pihak ketiga, keempat dan seterusnya untuk membuatnya berjalan dengan lancar. Dalam proses tersebutlah Anda akan menghubungi banyak orang, berkenalan dan memperluas jaringan yang tentunya sangat bermanfaat untuk masa depan Anda. Siapa tahu dari jaringan tersebut akan memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan di masa yang akan datang.

 

5. Anda akan melatih kepemimpinan

Tidak ada satu pun orang yang ingin bekerja sebagai bawahan terus menerus, bukan? Itulah mengapa Anda harus melatih kepemimpinan agar dapat menjadi pemimpin. Jika di dalam kelas Anda sulit menampilkannya, di organisasi Anda dapat lebih mengekspresikan jati diri Anda.

 

6. Anda akan memiliki resume yang bagus

Beberapa penelitian membuktikan bahwa sebuah perusahaan banyak melihat kemampuan seseorang dari pengalamannya berorganisasi. Saat Anda mencantumkan daftar organisasi yang Anda ikuti semasa kuliah, niscaya perusahaan manapun akan mempertimbangkan kualitas diri Anda untuk masuk dalam perusahaannya.

7. Anda akan bersenang-senang

Walau terasa banyak hal yang harus dilakukan dan banyak waktu yang tersita, tapi sebenarnya berorganisasi sangatlah menyenangkan. Anda akan memiliki teman dan pengalaman baru yang tidak akan membuat kehidupan kuliah Anda menjadi membosankan.