logo
Home
/
Blog
/
gobox
/
5 Tip Sebelum Membeli Rumah Baru
5 Tip Sebelum Membeli Rumah Baru
gobox / 24 Feb 2024

Memiliki rumah pribadi adalah impian setiap orang walaupun terkadang membeli rumah baru bukanlah hal yang mudah. Meski demikian bukan berarti setiap orang tidak bisa mewujudkan impiannya. Anda hanya perlu mengetahui tahap-tahap khusus sebelum membeli rumah baru.

 

Tetapkan bujet

First thing first. Bujet adalah hal utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum menentukan untuk membeli sebuah rumah. Pastikan kondisi keuangan Anda berada di situasi yang memungkinkan untuk membeli rumah tersebut.

 

Pertimbangkan untuk melakukan pinjaman

Tidak ada salahnya, kok, untuk melakukan pinjaman. Faktanya harga rumah sekarang ini memang sangat menantang saku Anda. Tapi jangan salah, Anda harus ekstra hati-hati. Pertimbangkan untuk meminjam pada institusi terpercaya dan memudahkan Anda. Mengajukan KPR BTN misalnya dapat menjadi opsi Anda. Pelajari selanjutnya di sini.

 

Lakukan observasi rumah

Setelah urusan keuangan sudah dapat diatasi kini giliran Anda mengumpulkan seluruh katalog rumah, mendatangi berbagai pameran rumah dan sebagainya. Lakukan observasi sebanyak-banyaknya mengenai rumah yang memungkinkan untuk menjadi tempat tinggal Anda nantinya.

 

Sortir pilihan rumah dengan bujet

Setelah menentukan beberapa pilihan rumah tahap selanjutnya adalah mencocokan pilihan rumah dengan bujet yang sudah ditetapkan. Apabila memungkinkan, tantang sedikit diri Anda untuk mengambil rumah yang paling Anda inginkan dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari bujet yang ditetapkan.

 

Pastikan keamanan

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan keamanan di sekitar lingkungan rumah baru Anda nantinya. Akses jalan keluar masuk rumah serta fasilitas di sekitarnya. Hal ini tentu saja sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda nantinya, lho.