GOJEK App

One app for every need

5 Tip Jitu Jadi Mahasiswa Baru

5 Tip Jitu Jadi Mahasiswa Baru
GoBox / 19 Sep 2016

Menghadapi sesuatu yang baru, yang lebih besar, memang terkadang terasa sulit. Termasuk menjadi mahasiswa baru. Anda harus beradaptasi dengan lingkungan baru serta merancang berbagai strategi untuk melancarkan hari-hari kuliah. Itulah mengapa Anda harus banyak tahu berbagai tip-tip jitu mengatasinya.

 

Rencanakan jadwal sehari-hari

Terdengar klise memang. Tapi perencanaan jadwal yang tepat dapat membuat hari-hari kuliah Anda lebih bermakna. Anda harus dapat pintar-pintar mengisi waktu luang dan memilah kegiatan yang perlu atau tidak perlu diikuti. Ingat di masa kuliah tidak ada lagi guru pembimbing atau wali kelas yang menuntun jadwal. Anda sendirilah yang menentukan.

 

Terlibat dalam beragam aktivitas

Agar tidak menjadi mahasiswa yang hanya kuliah-pulang saja, ada baiknya Anda mengikuti berbagai aktivitas kampus seperti organisasi pecinta alam. Dengan demikian Anda akan banyak belajar tentang hal baru, hal-hal yang lebih dewasa yang dapat membangun karakter diri.

 

Jalin koneksi dengan senior

Siapa bilang berteman dengan senior menakutkan? Buktinya jika Anda bergabung dalam satu komunitas kampus, Anda akan bertemu banyak senior dan pasti akan menjalin koneksi dengan mereka. Hal ini sangat penting untuk masa depan Anda. Siapa tahu saja setelah lulus dari kuliah Anda akan cepat mendapatkan pekerjaan terbaik dari orang-orang tersebut.

 

Jangan terburu-buru membeli buku baru

Buku-buku kuliah sangatlah banyak dan Anda punya waktu sekitar 8 kali untuk mengganti buku-buku tersebut dengan materi baru. Jika Anda adalah mahasiswa ber-bujet, lebih baik Anda meminjam buku-buku yang digunakan senior atau mencari buku tersebut secara online. Jauh lebih hemat!

 

Jangan terburu-buru ambil keputusan

Menjadi mahasiswa baru memang terkadang terasa memiliki semangat dan energi baru yang dapat membuat Anda tertarik melakukan banyak hal. Tapi akan lebih baik jika Anda pertimbangkan segala penawaran organisasi di kampus serta aktivitas di luar jam kuliah lainnya. Ingatlah bahwa semester pertama adalah semester yang menentukan apakah selanjutnya Anda akan dapat menyelesaikan kuliah lebih cepat atau tidak. Jadi Anda harus memberikan batasan pada seluruh aktivitas agar seimbang antara jam kuliah, organisasi dan waktu pribadi.

 

Memang banyak "mitos-mitos" tentang mahasiswa baru yang membuat Anda tidak percaya diri atau bahkan bisa memberikan impresi yang salah tentang kehidupan mahasiswa. Tapi dengan tip ini, Anda bisa jadi mahasiswa baru yang lebih produktif.