logo
Home
/
Blog
/
gobox
/
5 Cara Praktis Pindah Kost
5 Cara Praktis Pindah Kost
gobox / 05 May 2017

Bagi para perantau, kost adalah rumah kedua yang menjadi tempat bernaung selama masa perantauan. Terkadang ada kalanya saat rumah kost menjadi tidak nyaman atau tidak lagi memungkinkan untuk ditempati. Hal tersebut mengharuskan para perantau untuk mencari rumah kost baru. Selayaknya pindah rumah, pindah kost juga dapat memberikan tekanan sendiri. Barang-barang yang harus diangkut mungkin tidaklah sedikit, belum lagi dengan tidak adanya kendaraan pribadi yang dapat mengangkut barang-barang ke kost baru. Oleh sebab itu Anda harus memikirkan cara terpraktis untuk pindah kost seperti berikut ini:                                                                                                                                                                                                                                                  

1 Bulan sebelum pindahan:

Cari kosan baru

Faktanya mencari kost baru tidak semudah membalik telapak tangan. Anda perlu melakukan berbagai survey untuk memastikan kost baru Anda lebih baik dari kost lama. Browsing di internet saja tidak cukup. Terkadang gambar dan harga yang ditampilkan tidak sama dengan kondisi sebenarnya. Jadi Anda harus langsung terjun ke lokasi.

 

2 Minggu sebelum pindahan:

Siapkan box besar

Tidak seperti pindah rumah, pindah kost seharusnya lebih praktis. Anda cukup membeli box besar yang dapat memuat seluruh pernak-pernik seperti pigura, hiasan dinding, atau bahkan perlengkapan tidur: bantal, selimut dan lain-lain. Sedangkan pakaian dan barang pribadi sebaiknya disimpan di dalam koper.

 

Cicil pengemasan barang

Pengemasan barang dapat menghabiskan banyak waktu. Makanya Anda perlu mencicil pengemasan barang dalam kurun waktu paling tidak 2 minggu sebelum akhirnya pindah. Anda juga harus pintar-pintar memilah barang mana yang masih dapat digunakan mana yang tidak terpakai lagi. Barang-barang yang sudah tidak berguna dapat didonasikan atau justru dijual kembali. Pisahkan barang-barang yang Anda pakai sehari-hari untuk digunakan dalam 2 minggu ini dan jangan keluarkan barang-barang yang sudah Anda kemas dalam box.

 

1 Hari sebelum pindahan:

Hubungi jasa angkut barang

Saat Anda tidak memiliki keluarga di perantauan atau segan meminta bantuan kepada teman untuk membantu Anda pindah kost, hubungi saja jasa angkut barang yang kini semakin menjamur di kota-kota besar contohnya GoBox. Anda hanya perlu mengakses aplikasi Gojek Indonesia dan memilih ikon GoBox untuk memesan layanan pindahan. Anda dapat menjadwalkan kepindahan Anda di hari berikutnya sehingga tidak lagi perlu pusing takut lupa memesan jasa pindahan.

 

Pastikan seluruh barang sudah dikemas

Kadang, stres pindahan dapat membuat Anda tidak cermat saat mengemas. Oleh sebab itu satu hari sebelum hari pindahan Anda harus memastikan semua barang sudah masuk ke dalam kardus. Usahakan untuk tidak lagi mengeluarkan apapun di malam sebelum pindah. Periksa seluruh ruangan kost Anda agar tidak ada lagi barang yang tercecer.

 

1-3 Hari sesudah pindahan:

Langsung bereskan barang

Sesampai di kost baru, jangan tunggu waktu lama untuk unpack karena bisa saja Anda tidak sadar ada barang yang hilang atau tertinggal di kost lama. Satu sampai tiga hari setelah pindah, bereskan seluruh barang dan letakkan pada tempat yang seharusnya. Kost baru Anda pun akan jadi lebih cepat ditempati secara layak.

 

Artinya, butuh total paling tidak 30 hari persiapan pindah kost. Sebaiknya jangan dadakan saat merencanakan pindah kost karena walaupun pindah kost lebih mudah daripada pindah rumah, persiapan yang matang juga diperlukan!