GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

12 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi di Akhir Pekan

12 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi di Akhir Pekan
GoAuto · 26 Jun 2019

Ada rencana apa di akhir pekan nanti? Kalau bosen di rumah, bosen pergi ke mall, atau bosen nongkrong di kafe, mungkin jalan-jalan ke museum bisa menjadi pilihanmu. Sebenarnya Jakarta memiliki banyak pilihan museum yang bisa kamu kunjungi. Yuk, cek museum yang ada di Jakarta mulai dari museum sejarah hingga kontemporer berikut ini.

Museum Nasional

Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat

Museum di Jakarta yang wajib kamu kunjungi pertama kali adalaha Museum Nasional atau yang biasa disebut juga dengan Museum Gajah ini berlokasi di tengah kota Jakarta, yakni Jalan Medan Merdeka Barat No. 12. Akses menuju museum pun ini sangat mudah. Kamu akan melihat banyak koleksi peninggalan sejarah dari segala penjuru Indonesia, seperti arca, prasasti, barang-barang tradisional, hingga kebudayaan purba.

Museum Bank Indonesia

Jalan Jembatan Batu No.3, Pinangsia, Tamansari, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Kalau kamu ingin mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia, maka kamu harus datang ke sini. Museum ini memiliki diorama metode perbankan pada masa lampau dan juga perjalanan perbankan di Indonesia, termasuk pada saat Indonesia mengalami krisis moneter, lho.

Museum Bank Mandiri

Jl. Lapangan Stasiun No.1, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat

Di museum ini, kamu dapat melihat koleksi klasik seperti peti uang, mesin hitung uang mekanik, mesin cetak, dan lain-lain. Museum Bank Indonesia sendiri juga masih memiliki arsitektur art deco klasik yang unik untuk dikunjungi.

Museum Fatahillah

Jl. Taman Fatahillah No.1, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat

Museum di Jakarta yang terkenal lainnya adalah Museum yang berlokasi dekat dengan Museum Bank Indonesia ini juga dikenal dengan Museum Sejarah Jakarta. Museum yang dulunya adalah bekas kantor gubernur Batavia ini memiliki koleksi peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia. Kamu bahkan bisa melihat penjara bawah tanah yang ada di bawah gedung. 

Museum Seni Rupa dan Keramik

Jl. Pos Kota, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat

Museum yang berlokasi di seberang Museum Fatahillah ini memiliki koleksi keramik lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Nggak hanya dari era sekarang, tapi koleksi keramik tersebut juga berasal dari era Kerajaan Majapahit.

Museum Wayang

Jl. Pintu Besar Utara No.27, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat

Nggak hanya menampilkan wayang-wayang dari Indonesia, museum ini juga memiliki koleksi wayang dan boneka dari negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Tiongkok, Vietnam, India, hingga Perancis.

Museum Tekstil Jakarta

Jl. Ks. Tubun No.2-4, Palmerah, Jakarta Barat

Di museum ini tentunya kamu akan melihat berbagai macam koleksi kain di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung kebun pewarna alam seluas 2000 meter persegi untuk mempelajari tanaman penghasil warna yang digunakan untuk pewarna kain. Kamu juga bisa mencoba menggunakan alat tenun, lho.

Museum Layang-Layang

Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan

Museum layang-layang pertama di Indonesia ini memiliki 600 macam layanan unik yang bisa kamu lihat. Mulai dari layangan yang tradisional hingga canggih. Di sini kamu juga bisa membuat dan melukis layang-layang, lho.

Museum Taman Prasasti

Jl. Tanah Abang I No. 1, Gambir, Jakarta Pusat

Kalau kamu ingin melihat peninggalan prasasti dari zaman Belanda, maka kamu harus mengunjungi Museum Taman Prasasti yang berlokasi di daerah Tanah Abang. Kamu akan melihat batu nisan dari berbagai tokoh terkenal di masa lalu dan prasasti peresmian pada masa pendudukan kolonial dahulu.

Ciputra Artpreneur Museum

Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan

Museum modern ini menampilkan berbagai karya kontemporer yang merupakan koleksi pribadi dari Dr. ir. Ciputra. Kamu juga akan mempelajari perkembangan seni Indonesia dan melihat lukisan-lukisan ciptaan Hendra Gunawan.

Museum MACAN

AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Museum di Jakarta yang terkenal dengan instalasi dan karya kontemporernya adalah Museum MACAN atau Modern and Contemporary Art in Nusantara yang menyajikan berbagai macam karya seni modern dan kontemporer Indonesia hingga internasional. Kamu akan menemukan 90 karya seni rupa modern yang merupakan koleksi dari Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas Museum MACAN. Nggak hanya dalam bentuk lukisan, Museum MACAN juga memiliki koleksi seni dalam berbagai medium, teknik, dan seni instalasi.

Museum di Tengah Kebun

Jl. Kemang Timur Raya No.66, Mampang Prpt., Jakarta Selatan

Museum privat yang terletak di daerah Kemang ini cukup tersembunyi, jadi kamu mungkin nggak akan sadar kalau ada museum di sana. Padahal Museum di Tengah Kebun ini memiliki banyak koleksi patung, topeng, fosil pohon dan keran yang berasal dari zaman Triassic dan Jurassic. Semua koleksi tersebut dikumpulkan oleh Sjahrial Djalil yang telah melakukan perjalanan keliling dunia sebanyak 26 kali!

Sebenarnya masih banyak museum-museum lainnya di Jakarta, tapi setidaknya daftar museum di Jakarta yang di atas tersebut wajib untuk kamu kunjungi segera di akhir pekan. Pastikan juga kendaraanmu dalam kondisi prima agar perjalananmu lancar dan aman, ya. Percayakan kepada GO-AUTOuntuk segala urusan perawatan kendaraanmu!

Mulai dari cuci hingga servis mobil bisa kamu lakukan bareng GO-AUTOdi mana dan kapan pun yang kamu butuhkan. Pokoknya dijamin #AutoBeres! Yuk, pesan GO-AUTOlewat tombol di bawah ini.