logo
Home
/
Blog
/
gosend
/
GoSend Insurance
GoSend Insurance
gosend / 17 Jul 2024

Hai Gojekers,

Kami selalu ingin memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna setia Gojek dari segi kenyamanan, keamanan serta perlindungan, termasuk saat menggunakan Layanan GoSend. 

Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan Pasarpolis agar setiap pengguna memperoleh perlindungan asuransi untuk barang yang dikirim dengan Layanan GoSend.  Dengan menggunakan layanan GoSend, kamu secara otomatis mendapatkan nilai pertanggungan asuransi maksimum hingga Rp1.000.000 tanpa ada biaya tambahan.
 

Kamu juga bisa mendapatkan asuransi tambahan dengan memilih salah satu perlindungan ekstra yang disediakan GoSend.
 

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut informasi selengkapnya mengenai asuransi GoSend:

Jenis Asuransi dan Nilai Pertanggungan

Atas setiap kehilangan dan/atau kerusakan pada saat pengantaran dalam Layanan GoSend, pengguna Layanan akan mendapatkan manfaat pertanggungan asuransi sebagaimana ditentukan di bawah:

Pemesanan melalui Aplikasi Gojek:

- Perlindungan Silver: 

Dengan memilih perlindungan ‘Silver’ seharga Rp 1,000 (seribu Rupiah), maka untuk setiap 1 (satu) kali menggunakan Layanan GoSend, pengguna secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi, dengan nilai pertanggungan maksimum sebesar Rp 5.000.000 (lima juta Rupiah).

-Perlindungan Gold:

Dengan memilih perlindungan ‘Gold’ seharga Rp 2,000 (dua ribu Rupiah), maka untuk setiap 1 (satu) kali menggunakan Layanan GoSend, pengguna juga akan mendapatkan perlindungan asuransi tambahan, dengan nilai pertanggungan maksimum sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).

-Perlindungan Platinum:

Dengan memilih perlindungan ‘Platinum’ seharga Rp 5,000 (empat ribu Rupiah), maka untuk setiap 1 (satu) kali menggunakan Layanan GoSend, pengguna juga akan mendapatkan perlindungan asuransi tambahan, dengan nilai pertanggungan maksimum sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta Rupiah).

Pemesanan melalui platform partner e-commerce:

Setiap menggunakan Layanan GoSend sebagai kurir pengiriman di platform partner e-commerce, pengguna secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi, dengan nilai pertanggungan maksimum sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah). Khusus untuk pengiriman emas menggunakan Layanan GoSend dengan tipe Instant Delivery melalui platform e-commerce, nilai pertanggungan maksimum yang berlaku adalah sebesar Rp 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu Rupiah).

Ketentuan Premi Asuransi dan Biaya Pengelolaan Risiko:

Kami menanggung seluruh premi asuransi untuk perlindungan ‘Standar’ pada Layanan GoSend. Dalam hal pengguna ingin memperoleh manfaat perlindungan tambahan, baik ‘Silver’, ‘Gold’, maupun ‘Platinum’, maka pengguna harus membayar premi tambahan kepada perusahaan asuransi melalui Kami.

Ketentuan Nilai Pertanggungan

Nilai pertanggungan yang dapat diajukan klaim melalui layanan asuransi Gosend ini hanya mencakup nilai harga pembelian barang yang dapat dibuktikan melalui bukti bayar, invoice, atau kwitansi pembelian barang.
 

Proses Klaim

Batas Pengajuan Klaim

Kami dan/atau penyedia asuransi tidak dapat memproses klaim lebih lanjut apabila pengguna tidak mengajukan klaim dalam jangka waktu sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

 

Cara Klaim Asuransi

Pemesanan melalui aplikasi Gojek:

Untuk proses klaim barang yang rusak atau hilang, pengguna dapat melakukan laporan dengan petunjuk berikut:

Dalam mengajukan klaim, pengguna harus memberikan keterangan mengenai kerusakan atas atau kehilangan barang yang dialami serta mempersiapkan dokumen-dokumen di bawah dalam waktu yang ditentukan lebih lanjut pada saat klaim:

foto kartu tanda penduduk (KTP);

validasi kronologi;

nomor Order Pesanan;

nominal klaim; dan

invoice pembelian barang yang valid

Penyedia asuransi sewaktu-waktu dapat meminta dokumen-dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan kehilangan atau kerusakan atas barang apabila diperlukan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Pemesanan melalui platform e-commerce:

Untuk proses klaim barang yang rusak atau hilang, pengguna dapat menghubungi dan mengkonfirmasi ulang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh masing-masing e-commerce tempat pengguna berbelanja.

Panduan Upload Dokumen Asuransi GoSend

Agar mempermudah proses klaim Asuransi, pastikan dokumen yang kamu upload sesuai dengan prosedur. Yuk simak langkah-langkah dibawah!

Waktu Proses Klaim

Pengajuan klaim akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak penyedia asuransi setelah dokumen dinyatakan lengkap. Kami dan/atau penyedia asuransi akan menginformasikan pengguna melalui e-mail apabila dokumen dinyatakan lengkap dan siap untuk diproses, atau jika dokumen dinyatakan belum lengkap.

Nilai pertanggungan akan pengguna terima dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak dokumen dinyatakan lengkap.

 

Ketentuan Persetujuan Klaim

Keputusan persetujuan atau penolakan, serta jumlah klaim yang disetujui, adalah mutlak berdasarkan kebijakan Pihak Asuransi.

 

Barang yang Dapat Diasuransikan

Tipe BarangBatas tanggungan / barang
Perlengkapan Hewan PeliharaanRp 200.000
Pakaian & AksesorisRp 300.000
Seni & HiburanRp 200,000
Bayi & Anak-anakRp 200.000
Bisnis & IndustriRp 200.000
Kamera & LensaRp 3.000.000
ElektronikRp 2.000.000
Makanan, Minuman & TembakauRp 300.000
MebelRp 200.000
PerkakasRp 200.000
Kecantikan & KesehatanRp 200.000
Perlengkapan Rumah & BerkebunRp 200.000
Tas & KoperRp 200.000
Produk DewasaRp 200.000
MediaRp 200.000
Perlengkapan KantorRp 200.000
ReligiRp 200.000
SoftwareRp 200.000
OlahragaRp 200.000
MainanRp 200.000
OtomotifRp 1.000.000
LainnyaRp 200.000

Barang yang Tidak Dapat Diasuransikan

Dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan klaim

Barang rusak akibat pengiriman

Barang hilang akibat pengiriman

Dokumen persyaratan klaim harus dilengkapi oleh pihak yang mengajukan klaim paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sejak waktu kejadian.