Tanggal Tua? Siapa Takut!

Buat kamu yang biasanya menerima gaji di tanggal-tanggal akhir bulan, maka hari-hari di minggu ke-3 dan ke-4 biasanya menjadi hari-hari yang penuh kehati-hatian, ibarat jalan di atas lapisan es yang tipis. 

Yang biasanya makan siang selalu di restoran, berubah menjadi bekal nasi putih dengan lauk mie goreng yang disimpan di kotak bekal.

Yang biasanya selalu mengiyakan ajakan hangout sepulang kantor atau akhir pekan, berubah menjadi, “Duh kalian aja deh, lagi ga enak badan nih.” 

Yang biasanya paling rame ngajakin temen-temen nonton ke bioskop, sekarang di rumah aja nonton film di streaming service.

Ini yang bikin tanggal tua jadi masa-masa yang kurang indah. Tapi kenapa begitu ya? Kenapa selalu terjadi hal yang sama setiap bulannya? 

Jumlah hari kan gak tiba-tiba bertambah dengan sendirinya? Salah tanggal tua, atau karena kita yang kurang cermat mengontrol pengeluaran bulanan?

Walau kamu sudah menentukan alokasi pengeluaran atau budget setiap bulan, hasilnya akan kurang optimal jika tidak dilanjutkan dengan memonitor dan mengontrol uang keluar, sekalipun menurut budget, uangmu akan cukup sampai akhir bulan. 

Jika tidak dijaga setiap hari, kita cenderung akan menghabiskan lebih banyak uang untuk konsumsi di hari-hari awal gajian, dengan proporsi yang tidak sehat, karena ketika cek saldo atau lihat isi dompet, kita akan merasa masih banyak sisa.

Jika kamu bisa relate dengan keadaan ini, maka di bawah ini adalah cara-cara yang bisa kamu pakai supaya kamu gak takut lagi sama tanggal tua:

  • Stick to the budget. Selalu patuhi alokasi pengeluaran yang sudah kamu buat dan hindari pengeluaran yang tidak terencana. Hanya gunakan tabungan atau dana darurat khusus untuk keadaan-keadaan darurat saja; 
  • Pisahkan rekening konsumsi dan rekening tabungan atau dana darurat. Kalau perlu batasi akses ke rekening dana darurat. Menyimpan dana darurat di rekening deposito 3 bulanan juga bisa jadi opsi; 
  • Bagi secara proporsional dan imbang pengeluaran harian kamu, agar kualitas hidup tidak menurun drastis di akhir bulan. Jangan sampai kamu selalu makan steak di 7 hari pertama, namun kemudian makan nasi dan kecap manis di 7 hari akhir. Kamu butuh nutrisi yang seimbang dan cukup;
  • Catat pengeluaran kamu secara harian dan selalu bandingkan dengan budget dan sisa uang di rekening. Jangan sampai budget konsumsi hanya tersisa 50% di hari ke 10.

Poin terakhir mengenai mencatat pengeluaran harian menjadi sangat penting jika kamu masih sulit untuk membagi pengeluaran sesuai proporsi. Tapi, kamu gak perlu khawatir harus mencatatnya secara manual di buku tulis, lewat GoPay Jago kamu bisa dapat kemudahan soal budgeting.

Jadi, gak perlu galau ketika mau bepergian dengan GoRide atau pesan makan di GoFood. Nah terlebih, Gojek menyediakan layanan GoPayLater yang bisa membuat kamu tetap belanja di tanggal tua. 

Terakhir, catat semua pengeluaran harian mulai dari yang paling besar seperti membayar sewa kosan, sampai dengan paling kecil seperti membayar parkir motor, untuk hasil yang lebih akurat. 

Tujuannya agar kamu bisa melihat kenapa ada naik turun di pengeluaranmu dan belajar bagaimana supaya grafiknya lebih stabil. 

Jika kamu sudah bisa disiplin menerapkan langkah-langkah di atas, pastinya kamu akan semakin berani menghadapi tanggal tua.

Modul FinanSiap

Atur keuangan pribadi agar kamu bisa #FinanSiap

Modul 1: Perencanaan Keuangan

Mau beli rumah atau melanjutkan studi ke luar negeri? Yuk, tentukan tujuanmu dan rencanakan keuanganmu dari sekarang!
Lebih Lanjut

Modul 2: Pengenalan Jenis Investasi

Ingin belajar investasi? Bingung bedanya investasi saham dengan reksa dana? Mana yang lebih baik, investasi emas atau properti? Cari tahu di sini!
Lebih Lanjut

Modul 3: Investasi Saham untuk Pemula

Mau investasi saham tapi bingung mulai dari mana? Kenali manfaat dan risikonya dengan belajar investasi saham di sini!
Lebih Lanjut