Join Us

Join GO-JEKnow and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

PROSEDUR STANDAR OPERASIONAL GOFOOD (GOBIZ)

PROSEDUR STANDAR OPERASIONAL GOFOOD (GOBIZ)

Demi memberikan pelayanan terbaik dan untuk kenyamanan bertransaksi Anda sebagai Mitra Usaha kami, kami telah menetapkan prosedur standar operasional layanan GoFood (GoBiz) sebagai berikut:

  1. Proses Validasi Transaksi

    1. Sehubungan dengan pengaktivasian fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) di dalam GoBiz, Mitra Usaha wajib untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan Produk dengan menekan tombol “Terima” atau “Tolak” sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh AKAB. 
    2. Mitra Usaha dapat menolak pesanan dalam hal terdapat kondisi-kondisi sebagai berikut:
      1. Restoran tutup;
      2. Produk yang dipesan tidak tersedia atau habis; atau
      3. Restoran sedang ramai dan Mitra Usaha tidak dapat melayani pesanan Pelanggan.
    3. Apabila Mitra Usaha menerima pesanan Produk, maka Mitra Usaha wajib memastikan bahwa harga Produk yang tercantum di Aplikasi GoBiz telah sesuai. Mitra Usaha tidak dapat melakukan perubahan terhadap harga Produk setelah menerima pesanan. AKAB tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang timbul apabila terdapat perbedaan antara harga yang tercantum pada aplikasi GoBiz dengan harga yang berlaku di Restoran.
    4. Baik Mitra Gojek, ataupun Pelanggan, dapat mengambil pesanan Produk di Restoran.
    5. Setelah Mitra Usaha menekan tombol “Terima” maka Mitra Usaha wajib untuk menyiapkan pesanan Produk dan menginformasikan estimasi waktu pesanan Produk akan siap untuk diambil oleh Mitra Gojek atau Pelanggan melalui aplikasi GoBiz.
    6. Mitra Usaha wajib untuk melakukan validasi atas detail pesanan Produk, serta identitas setiap Mitra Gojek atau Pelanggan yang akan mengambil pesanan Produk yang selanjutnya akan diverifikasi lebih lanjut dengan menggunakan PIN sekali pakai (“One-time PIN” / “OTP”). Setelah Mitra Gojek atau Pelanggan memasukkan OTP pada Aplikasi Gojek dan Mitra Usaha telah menyerahkan Produk yang dipesan kepada Mitra Gojek atau Pelanggan, maka pesanan dianggap selesai.
    7. Setelah pesanan selesai diproses maka dana Transaksi akan masuk ke dalam Merchant Wallet. 
    8. Mitra Usaha akan selalu menerima pembayaran melalui Merchant Wallet dan tidak dapat menerima pembayaran dalam bentuk tunai, terlepas dari apapun metode pembayaran yang digunakan oleh Pelanggan.
  2. Laporan Rekapitulasi (Rincian) Transaksi

    1. AKAB akan memberikan laporan rekapitulasi transaksi harian GoFood yang sudah divalidasi kepada Mitra Usaha ke alamat e-mail yang terdaftar, dengan tautan yang dapat diunduh.
    2. Dalam hal Mitra Usaha menerima layanan GoFood dan GoPay In-Store, maka Mitra Usaha akan menerima laporan rekapitulasi transaksi harian untuk masing-masing layanan tersebut.
    3. Bila terjadi selisih atau perbedaan data, maka Para Pihak sepakat bahwa data yang menjadi acuan adalah laporan milik AKAB.
  3. Proses Settlement

    1. Seluruh dana Transaksi yang telah diotorisasi antara pukul 00:00:00 sampai dengan 23:59:59, akan ditransfer ke Rekening Bank Mitra Usaha yang terdaftar pada Hari Kerja berikutnya (H+1).
    2. Jumlah dana Transaksi yang ditransfer ke Rekening Mitra Usaha terdaftar adalah total dana Transaksi dikurangi dengan Biaya Jasa dan biaya-biaya lainnya yang dipotong sesuai dengan besaran yang tertuang dalam Perjanjian (“Dana Settlement”).
    3. Dana Settlement akan ditransfer secara harian ke Rekening Bank Mitra Usaha yang telah didaftarkan.
    4. Untuk transaksi pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur, Dana Settlement akan ditransfer pada Hari Kerja berikutnya*.

      *Berikut adalah simulasi transaksi harian, laporan rekapitulasi, dan proses transfer:

      Transaksi Pada HariLaporan RekapitulasiProses Transfer
      SeninSelasaSelasa
      SelasaRabuRabu
      RabuKamisKamis
      KamisJumatJumat
      JumatSabtuSenin
      SabtuMingguSenin
      MingguSeninSenin
      Hari LiburHari Libur +1Hari Kerja Terdekat

    5. Mitra Usaha akan menerima bukti atas Dana Settlement yang ditransfer ke Rekening Bank Mitra Usaha ke alamat e-mail yang terdaftar. 
    6. Dalam hal terdapat Tindakan Kecurangan yang dilakukan oleh Mitra Usaha, maka AKAB berhak untuk tidak melakukan proses Settlement sebagaimana dimaksud disini.
  4. Penanganan Sengketa

    1. Apabila Mitra Usaha menemukan selisih pada laporan rekapitulasi transaksi (dalam hal ini data menurut AKAB dibandingkan dengan data yang dimiliki Mitra Usaha), keterlambatan/ketiadaan penerimaan Dana Settlement, atau kendala lainnya, Mitra Usaha berhak mengajukan pemberitahuan keberatan secara tertulis dalam jangka waktu H+5 Hari Kerja sejak laporan rekapitulasi transaksi diberikan dengan memberikan informasi nomor pesanan, tanggal pesanan serta perhitungan selisih tersebut.
    2. Bila Mitra Usaha tidak melakukan konfirmasi dalam jangka waktu H+5 Hari Kerja setelah menerima laporan rekapitulasi transaksi, maka proses Settlement harian dianggap final dan tuntas.
    3. Rekonsiliasi (penyesuaian jumlah pembayaran) dilakukan paling lambat pada H+3 Hari Kerja sejak pemberitahuan keberatan sebagaimana disebutkan pada poin (1) di atas diterima oleh AKAB. 
    4. Koreksi Settlement dilakukan paling lambat pada H+2 Hari Kerja sejak rekonsiliasi sebagaimana disebutkan pada poin (3) di atas oleh Para Pihak. AKAB akan menyampaikan informasi secara tertulis kepada Merchant apabila terjadi koreksi.\
    5. Permasalahan terkait dengan proses Settlement, atau kendala lainnya yang terkait dengan Layanan dapat diajukan kepada AKAB melalui e-mail ke mitrausaha@gojek.com atau telepon ke 1500-171
  5. Konten pada menu Mitra Usaha

    1. AKAB berhak untuk mengkaji Produk yang disampaikan dan dimiliki oleh Mitra Usaha untuk berikutnya dapat ditampilkan dalam menu GoFood.
    2. Berdasarkan kajian terhadap Produk, AKAB dapat selanjutnya menampilkan atau tidak menampilkan Produk dalam menu GoFood pada Mitra Usaha.
    3. Hal-hal yang tidak dapat ditampilkan pada menu GoFood adalah antara lain produk makanan dan minuman yang tidak lazim atau layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.
    4. Kebijakan AKAB yang sebagaimana diatur pada poin (2) diatas mempertimbangkan hal-hal termasuk namun tidak terbatas pada aspek hukum, aspek kesehatan dan aspek kebudayaan.
    5. Atas keputusan yang diambil oleh AKAB, Mitra Usaha dapat mengajukan pertanyaan atau solusi kepada AKAB.

    Untuk lihat informasi lengkap mengenai perubahan nama menu sesuai dengan syarat dan ketentuan GoFood, silakan klik di sini.

  6. Kompensasi
    1. Sehubungan dengan pengaktivasian fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) di dalam GoBiz, Mitra Usaha berhak menerima kompensasi dari AKAB atas Produk pesanan, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. AKAB hanya akan memberikan kompensasi kepada Mitra Usaha apabila Mitra Usaha telah menyiapkan pesanan Produk dan AKAB tidak dapat menyediakan Mitra Gojek yang akan melakukan pengambilan Produk pesanan di Restoran Mitra Usaha.
      2. Pemberian kompensasi tidak berlaku apabila pesanan Produk dibatalkan oleh Mitra Usaha atau Pelanggan oleh sebab apapun.
      3. Pemberian kompensasi tidak berlaku terhadap kategori Produk yang berdasarkan pertimbangan AKAB diklasifikasikan sebagai produk kemasan atau produk tersebut dapat dijual kembali oleh Mitra Usaha.        
      4. Kompensasi akan dibayarkan oleh AKAB kepada Mitra Usaha yang besarannya tidak akan melebihi 40% (empat puluh persen) (atau persentase lain yang ditentukan berdasarkan kebijakan AKAB dari waktu ke waktu) dari setiap harga Produk yang dipesan (tidak termasuk pajak restoran dan service charge) yang tercantum di Aplikasi GoBiz pada saat pemesanan terjadi, melalui transfer ke Rekening Bank Mitra Usaha secara bulanan selambat-lambatnya 10 (sepuluh) Hari Kerja pada bulan berikutnya setelah terjadinya pesanan tersebut. 
      5. Untuk menghindari keraguan, tata cara pembayaran atas kompensasi di Bagian F (Kompensasi) ini merupakan ketentuan terpisah dan tidak akan mengikuti ketentuan pembayaran yang diuraikan di Bagian C (Proses Settlement) maupun Bagian D (Penanganan Sengketa).
    2. Dalam hal terdapat indikasi Tindakan Kecurangan yang dilakukan oleh Mitra Usaha, maka AKAB berhak untuk menahan pembayaran kompensasi sebagaimana dimaksud dalam poin (1), maupun memutuskan untuk tidak memberikan kompensasi kepada Mitra Usaha.
    3. Pemberian kompensasi sebagaimana dimaksud dalam Bagian F (Kompensasi) ini merupakan ketentuan ganti rugi yang ditetapkan secara khusus oleh AKAB sehubungan dengan Produk pesanan, dan Mitra Usaha tidak berhak meminta ganti rugi kepada AKAB dalam bentuk apapun sehubungan dengan Produk pesanan selain daripada kriteria kompensasi yang ditetapkan berdasarkan ketentuan dalam Bagian F (Kompensasi) ini.
  7. Pemotongan Pajak Penghasilan atas Biaya Jasa
    1. Dalam hal Biaya Jasa merupakan obyek pemotongan pajak penghasilan (“PPh”) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku, Mitra Usaha diperkenankan untuk melakukan pemotongan PPh dan menyetorkannya ke kas negara.
    2. PPh yang dapat dipotong oleh Mitra Usaha sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku saat ini adalah berdasarkan Pasal 23 Undang-Undang Pajak Penghasilan dengan tarif sebesar 2% (dua persen) dari Biaya Jasa.
    3. Segala hal terkait pemotongan PPh merupakan tanggung jawab Mitra Usaha dan AKAB tidak bertanggung jawab atas risiko yang mungkin timbul akibat pemenuhan tanggung jawab tersebut.
    4. Pemotongan PPh atas Biaya Jasa oleh Mitra Usaha yang telah mengaktivasi fitur GoBiz dapat dilakukan dengan salah satu prosedur berikut:
      1. Prosedur Pemotongan PPh Langsung
        1. Prosedur ini berlaku untuk Transaksi sejak tanggal 1 Desember 2019 dan untuk ke depannya hanya dapat mulai diterapkan per tanggal 1 (satu) setiap bulannya (“Tanggal Efektif Pemotongan PPh Langsung”).
        2. Mitra Usaha harus menyampaikan pemberitahuan secara tertulis sebelumnya kepada AKAB apabila ingin menerapkan prosedur ini selambat-lambatnya 10 (sepuluh) Hari Kerja sebelum Tanggal Efektif Pemotongan PPh Langsung.
        3. Dalam prosedur ini, pemotongan PPh dilakukan dengan cara mengurangi jumlah PPh dari jumlah Biaya Jasa yang dipotong dari Merchant Wallet atas setiap pembayaran Transaksi.
        4. AKAB akan menerbitkan invoice dan/atau faktur pajak atas Biaya Jasa secara bulanan dalam waktu 10 (sepuluh) Hari Kerja pada bulan berikutnya setelah terjadinya Transaksi.
        5. Mitra Usaha harus menerbitkan bukti pemotongan PPh dan mengirimkannya kepada AKAB selambat-lambatnya pada Hari Kerja terakhir pada bulan berikutnya setelah pemotongan PPh dilakukan.
        6. Dalam hal Mitra Usaha tidak mengirimkan bukti pemotongan PPh dalam batas waktu tersebut, AKAB berhak untuk menghentikan penerapan Prosedur Pemotongan PPh Langsung bagi Mitra Usaha sehingga untuk selanjutnya Mitra Usaha harus menggunakan Prosedur Penggantian sebagaimana diatur pada poin (4) (b).
      2. Prosedur Penggantian
        1. Prosedur ini berlaku:
          1. Untuk Transaksi sebelum tanggal 1 Desember 2019 bagi seluruh Mitra Usaha; atau
          2. Untuk Transaksi sejak tanggal 1 Desember 2019 bagi Mitra Usaha yang:
            1. tidak menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada AKAB untuk menerapkan Prosedur Pemotongan PPh Langsung sebagaimana diatur pada poin (4) (a) (ii); atau
            2. sebelumnya telah menerapkan Prosedur Pemotongan PPh Langsung tetapi tidak mengirimkan bukti pemotongan PPh kepada AKAB dalam batas waktu sebagaimana diatur pada poin (4) (a) (v).
        2. Dalam prosedur ini, jumlah Biaya Jasa yang dipotong dari Merchant Wallet atas setiap pembayaran Transaksi tidak memperhitungkan pemotongan PPh.
        3. AKAB akan menerbitkan invoice dan/atau faktur pajak atas Biaya Jasa secara bulanan dalam waktu 10 (sepuluh) Hari Kerja pada bulan berikutnya setelah terjadinya Transaksi.
        4. Mitra Usaha harus terlebih dahulu melakukan penyetoran ke kas negara atas PPh yang dipotong berdasarkan invoice dan/atau faktur pajak tersebut.
        5. Mitra Usaha harus menerbitkan bukti pemotongan PPh dan mengirimkannya kepada AKAB untuk dapat memperoleh penggantian. Bukti pemotongan PPh untuk periode tahun berjalan harus diterima oleh AKAB selambat-lambatnya pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya. Bukti pemotongan PPh yang diterima oleh AKAB setelah melewati batas waktu tersebut tidak dapat diproses untuk dilakukan penggantian.
        6. AKAB akan melakukan penggantian melalui transfer ke Rekening Bank Mitra Usaha dalam waktu 10 (sepuluh) Hari Kerja setelah menerima bukti pemotongan PPh.
    5. Pemotongan PPh atas Biaya Jasa oleh Mitra Usaha yang belum mengaktivasi fitur GoBiz dapat dilakukan dengan prosedur berikut:
      1. Mitra Usaha melakukan pemotongan PPh dengan cara mengurangi jumlah PPh dari jumlah pembayaran Biaya Jasa dan melakukan penyetoran ke kas negara atas PPh yang dipotong.
      2. Mitra Usaha harus menerbitkan bukti pemotongan PPh dan mengirimkannya kepada AKAB selambat-lambatnya pada Hari Kerja terakhir pada bulan berikutnya setelah pemotongan PPh dilakukan.
    6. Bukti pemotongan PPh harus dikirimkan dalam bentuk hardcopy asli kepada AKAB di alamat sebagai berikut: 
      PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (U.p. Bagian Tax)
      Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lantai 7
      Jl. Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru
      Jakarta Selatan 12160, DKI Jakarta
    7. Seluruh korespondensi terkait pemotongan PPh atas Biaya Jasa dapat dikirimkan melalui e-mail ke invoicing@gojek.com.