Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

5 Tips Mengelola Uang Elektronik

5 Tips Mengelola Uang Elektronik

Hai GOJEKers! 

Sering mendengar istilah uang elektronik? Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, kepopuleran uang elektronik hampir menyamai penggunaan uang konvensional. Munculnya uang elektronik ini memang memudahkan kamu bertransaksi sehari-hari, baik untuk transaksi online atau offline. Hanya saja, berbeda dengan uang konvensional, pengelolaan uang elektronik cenderung gampang-gampang susah. 

Mengelola uang elektronik yang nggak bisa langsung dirasakan efek penggunaannya memang sulit, tapi kamu bisa loh mencoba mengaturnya supaya keuangan kamu nggak seret diakhir bulan! Cek dulu yuk apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengelola uang elektronikmu berikut ini.

Tips Mengelola Uang Elektronik: 

  • Bedakan keinginan dan kebutuhanmu

Sama seperti saat mengelola uang konvensional, kamu pun harus memulai tahapan perencanaan keuangan elektronikmu dengan membedakan keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang pasti kamu butuhkan setiap bulannya. Di lain sisi, keinginan adalah dorongan untuk memiliki sesuatu di waktu-waktu tak menentu. Dengan membedakan kedua hal tersebut kamu perencanaan keuanganmu telah rampung kira-kira 40%. 

  • Budgeting 

Selanjutnya lakukan perkiraan pengeluaran uang digital kamu supaya pengeluaran bulanamu nggak melebihi penghasilan yang kamu miliki. Perencanaan pengeluaran atau budgeting ini penting banget untuk kamu bisa mengelola keuangan khususnya penggunaan uang elektronik kamu yang berlebihan. Misalnya, kamu bisa merencanakan untuk top-up uang elektronikmu sebesar Rp200.000 untuk kebutuhan transportasi setiap bulan. Atau kamu juga bisa menetapkan jumlah dana uang elektronikmu untuk setiap transaksi pembayaran digital di internet sebesar jumlah tertentu. 

  • Catat pengeluaran 

Mencatat pengeluaran untuk uang elektronik juga sangat penting untuk budgeting kamu, sama seperti saat kamu mengelola uang konvensional. Perlu diingat, semua pengeluaran baik itu jumlahnya besar atau kecil harus masuk dalam catatan kamu seperti ketika kamu menggunakan uang elektronik untuk naik MRT, jajan, atau lainnya. 

  • Disiplin 

Ini nih yang paling sulit ketika mengatur keuangan! Disiplin itu perlu banget, apalagi ketika kamu udah budgeting supaya uang elektronik kamu digunakan sesuai rencana, ya! Jadi jangan lupa untuk terus mengingatkan dirimu sendiri dalam mematuhi jumlah batas pengeluaran uang elektronik dan catat pengeluarannya setiap kali kamu bertransaksi. 

  • Manfaatkan promo uang elektronik

Mendadak harus membeli sesuatu tapi kepentok di anggaran yang ketat? Di saat seperti ini, manfaatkan promo yang disediakan penyedia uang elektronikmu. Agar perencanaan keuanganmu semakin sempurna, jangan salah pilih penyedia uang elektronik. Pilih GO-PAY sebagai uang elektronik yang dapat kamu andalkan.  

Tak hanya untuk pembayaran layanan GOJEK, kini GO-PAY menghadirkan berbagai produk serta fitur baru yang siap memudahkan kebutuhan transaksi kamu. Mau ngisi pulsa? Gunakan GO-PULSA. Bayar tagihan? GO-BILLS siap membantumu membayar semua kebutuhanmu. Mau transfer patungan makan? Tenang aja! Ada fitur transfer antar sesama pengguna GO-PAY. Bayar tagihan makan di restoran atau check out barang belanjaan kamu di toko online? Scan aja barcode GO-PAY sebagai metode pembayaran online dan offline. 

Mau penawaran dan promo terbaik dari berbagai merchant favorit? GO-PAY menyediakan beragam promo menarik yang dapat kamu cek langsung di sini: Promo GO-PAY. Habis gajian dan mau berbelanja kebutuhan? Jangan sampai kelewatan Promo GO-PAY Payday tiap akhir bulan. 

Rasakan mudahnya memanfaatkan uang elektronik dengan menggunakan GO-PAY langsung di aplikasi GOJEK. Mulai sekarang, kelola uang elektronik jauh #LebihBaikPakaiGOPAY!

ARTIKEL TERBARU