GOJEK App

One app for every need

Tips Mendulang Penjualan agar Cuan di Akhir Tahun

Tips Mendulang Penjualan agar Cuan di Akhir Tahun
GoSend / 27 Dec 2019

Sudah jadi rahasia umum kalau akhir tahun menjadi momen-momen meraih cuan bagi para pedagang. Dari tahun ke tahun, penjualan sejumlah barang meningkat di akhir tahun. Penjualan ritel dalam 2 bulan terakhir ini pun diperkirakan tumbuh 15 persen. Tak heran jika sering muncul promo macam diskon akhir tahun, cuci gudang tutup tahun dll.

Pemicu meningkatnya penjualan di akhir tahun di antaranya adalah sebagian karyawan mendapat bonus akhir tahun, THR, hingga kebutuhan masyarakat yang juga melonjak menyambut Natal dan Tahun Baru. Biar kamu ikut kecipratan cuan di akhir tahun ini, enggak ada salahnya kalau kamu ikuti beberapa tips dibawah ini.

Bikin Promo Unik

Siapa sih yang enggak doyan diskon? Pasti pembeli tergiur kalau kamu sodorkan potongan harga. Kamu bisa memanfaatkan momen-momen tertentu seperti promo lebaran, diskon Hari Pahlawan, dll. Nah, kamu juga bisa menawarkan promo akhir tahun yang unik biar banyak orang beli daganganmu. Misalnya, Promo Diskon Menjelang Tahun Baru 20,20 persen. Angka 20,20 persen diambil karena akan memasuki Tahun Baru 2020. Bisa juga diskon cuci gudang tutup tahun untuk barang-barang yang masuk dead stock alias stoknya sudah lama kamu pegang.

Manfaatkan Media Sosial

Nah zaman sekarang, media sosial berguna banget buat meningkatkan penjualan. Enggak percaya? Survei Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) pada 2017 menyebut transaksi online melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram mencapai 66 persen dalam total keseluruhan transaksi e-commerce. Tentunya masing-masing media sosial punya karakter dan cara tersendiri agar membuat jualanmu laku. Seperti di Instagram misalnya, kamu sebaiknya rajin bikin hashtag di foto daganganmu agar banyak calon pembeli yang melihat.

Strategi Bundling

Salah satu cara agar barangmu terjual cepat adalah dengan bundling. Ada kalanya, calon pembeli mencari barang-barang untuk keperluan kelompok seperti keluarga. Contohnya, mereka mencari baju-baju bertema Natal untuk diri sendiri serta keluarga. Dengan menjual paket baju-baju tema Natal untuk orang tua dan anak, bukan enggak mungkin kamu memenuhi keinginan beberapa calon pembeli.

Menampilkan Testimoni Pembeli

Ini juga penting. Testimoni pembeli bisa membuat profilmu sebagai pedagang membaik. Apalagi kalau ada feedback seperti diberi bintang 5 dari pembeli. Orang akan lebih memercayai tokomu lantaran sudah ada pembeli sebelumnya yang memberi respons positif. Dengan demikian, calon pembeli tahu kalau kamu bukan pedagang yang menipu. Mereka pun tak akan khawatir untuk membeli barang-barang daganganmu.

Memastikan Barang Terkirim

Jika sudah deal dengan pembeli, tentu kamu harus memastikan barang tersebut terkirim dengan baik dan tepat waktu. Agar barang terkirim sesuai ekspektasi pembeli, packing barang harus seaman mungkin. Misalnya, kamu bisa menggunakan plastik busa pada saat ingin mengirim barang yang rentan pecah. Kamu juga bisa mengirim via GoSend agar barang dagangan bisa terlacak lokasi dan terkirim tepat waktu.